BMKG: Siklon Cempaka Menjauh, Siklon Dahlia Terlahir


JurnalPatroliNews – Berdasarkan pantauan BMKG, Kawasan Indonesia harus masih waspada terkait kondisi cuaca ekstrem selama beberapa hari ke depan.

Setelah siklon tropis Cempaka mulai menjauh, siklon tropis baru bernama Dahlia lahir di wilayah barat Indonesia. 

Siklon tersebut berada pada posisi  8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah barat daya Bengkulu) dengan pergerakkan ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia. 

Meski telah melemah, namun eks-siklon tropis Cempaka memberikan dampak terhadap kondisi cuaca berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Selatan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, curah hujan di DI Yogyakarta pada Selasa (28/11) tercatat 286 mm/hari, sementara di wilayah Pacitan pada Senin (27/11) mencapai 383 mm/hari.

Curah hujan yang terjadi tersebut merupakan curah hujan kategori ekstrem atau lebih 150 mm/hari.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers Rabu (29/11) sore menjelaskan bahwa eks-Cempaka menyebabkan angin kencang dengan kecepatan 36 km/jam yang melanda wilayah selatan Jawa. Selain itu juga menyebabkan gelombang setinggi 2,5-4 meter di perairan selatan Banten, selatan Jawa Tengah, serta Samudera Hindia.

“Dampak dari eks-siklon tropis ‘Cempaka’ memberikan pengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia, seperti: Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Selatan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok,” ujar Dwikorita, melalui keterangan resminya.

Siklon Tropis Dahlia Muncul, Waspada Bencana Hidrometeorologi Menghadang.

Sementara itu, bibit siklon tropis di Barat Daya Bengkulu mengalami peningkatan kekuatan menjadi siklon tropis pada pukul 19.00 WIB dengan nama Siklon Tropis ‘Dahlia’. (dai)

LEAVE A REPLY