Andi Narogong Beberkan Keterlibatan Setya Novanto

2318749722JurnalPatroliNews JAKARTA – Terdakwa kasus korupsi KTP-elektronik (e-KTP) Andi Agustinus alias Andi Narogong mengakui adanya peran aktif tersangka lain, Setya Novanto. Hal itu dijelaskan gamblang oleh Andi ketika diperiksa oleh majelis hakim dalam kapasitas sebagai terdakwa di pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (30/11).

Saat kasus ini bergulir 2001-2012 lalu, Setya Novanto masih menjabat Ketua Fraksi Golkar DPR RI.

Dalam persidangan dengan agenda pemeriksaan terdakwa, Andi menceritakan ihwal pertemuannya dengan Novanto.

Dalam pertemuan yang terjadi pada November 2011, Andi mengaku diundang oleh Direktur Utama PT Shandipala Arthaputra Paulus Tanos.

“Tanos mengundang saya, Anang, Marliem ke rumah Pak Setya Novanto untuk laporkan anggota konsorium tidak dapat DP,” kata Andi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Anang yang dimaksud adalah Anang Sugiana Sudihardjo Direktur PT Quadra Solution. Sedang Marliem merujuk pada Direktur PT Biomorf Lone LLC Johanes Marliem (almarhum).

Pertemuan tersebut digagas setelah Andi dan pengusaha lain yang memenangkan tender e-KTP, dipersulit proses pengerjaannya oleh Irman, Dirjen Disdukcapil Kemendagri saat itu.

“Akhirnya Pak Novanto bilang yaudah nanti saya kenalkan Oka Masagung karena punya link perbankan. Disampaikan juga komitmen konsorsium akan berikan fee 5 persen,” ungkapnya. (dai)

LEAVE A REPLY