Arab Saudi Hancurkan Rudal Balistik dari Yaman

1f17fafc-9947-4d0d-a0d2-a96994aaf9dbJurnalPatroliNews – Arab Saudi pada Kamis (30/11) mencegat dan menghancurkan sebuah rudal balistik yang ditembakkan dari Yaman, menurut laporan media pemerintah.

Ini merupakan serangan kedua pada November yang diklaim pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Rudal tersebut menargetkan Kota Khamis Mushait di wilayah selatan Saudi, namun tidak ada laporan korban, kata juru bicara koalisi militer pimpinan Saudi yang memerangi pemberontak Syiah itu.

Juru bicara koalisi militer pimpinan Saudi, Turki al-Maliki menyatakan, “Pasukan Pertahanan Udara Kerajaan Saudi mencegat rudal yang mengarah menuju Khamis Mushait”.

Kelompok pemberontak Houthi lewat saluran televisi yang dikelolanya, Al-Masira mengklaim serangan rudal tersebut. Namun berbeda dengan keterangan juru bicara koalisi Saudi, Houthi menyebut rudal tersebut mengenai sebuah target militer di wilayah Saudi.

Beberapa jam sebelum serangan rudal tersebut, pemimpin Houthi, Abdulmalik al-Huthi mengancam akan melakukan pembalasan atas blokade yang dilakukan koalisi Saudi terhadap Yaman.

Blokade tersebut mulai diterapkan awal November lalu sebagai respons atas rudal yang ditembakkan Houthi namun berhasil dihalau oleh otoritas Saudi di dekat bandara di Riyadh.

“Jika blokade terus berlanjut, kami tahu target apa yang akan menimbulkan penderitaan hebat dan bagaimana menjangkaunya,” cetus al-Huthi dalam pidatonya yang disiarkan Al-Masira.

Riyadh menuduh saingan beratnya Iran mempersenjatai Houthi di Yaman dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengatakan bahwa hal itu “dapat dianggap sebagai tindakan perang”.

Arab Saudi telah menuduh Iran memasok senjata untuk Houthi, namun Teheran membantah tuduhan tersebut. (dai)

LEAVE A REPLY