Sabang Sail 2017, Menpar Arief Yahya Berharap Sejahterakan Rakyat

5a20d75daf502-kri-dewaruci-dan-kri-bima-suci_663_382JurnalPatroliNews SABANG – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan kebanggaannya terhadap perhelatan Sail Sabang 2017. Menjadi Sail terbesar di Indonesia, Menpar berharap event tersebut bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat Sabang, Provinsi Aceh.

“Sesuai instruksi bapak Presiden Joko Widodo, bahwa Sail itu jangan hanya sebuah seremoni, namun harus berdampak positif kepada masyarakat dan bisa menyejahterakan rakyat. Ini harus terjadi di Sail Sabang 2017,” ujar Menpar Arief saat acara jumpa pers jelang acara puncak Sail Sabang di CT-3 Terminal, Sabang, 30 November 2017.

“Pertama adalah lahirnya jalur regatta yachting Golden Triangle SaPhuLa. Ini singkatan dari Sabang, Phuket dan Langkawi. Jalur ini akan mendunia karena tiga negara, tiga destinasi, dalam satu paket Visit yang ada di jalur perahu pesiarnya. Ini yang akan lahir dan bertumbuh pasca Sabang Sail 2017,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Menpar mengatakan, jalur ini juga biasa disebut dengan diamond triangle —ada yang menyebut golden triangle— para yahcter dunia atau kapal pesiar akan kumpul di jalur itu. Jalur tersebut juga akan melahirkan perhelatan Regatta yang eventnya akan digelar bulan April sampai Mei tahun 2017.

Kata Menpar, imbasnya akan mengangkat semua destinasi di Sabang terutama destinasi bahari. Menpar juga meminta media memantau pembangunan Yatcher Club yang rencananya akan dibangun di Sabang dalam waktu dekat ini.

“Dan wisata Bahari di Sabang akan menjadi andalan di Indonesia. Regatta itu balapan kapal pesiar yang jumlahnya sangat banyak dan didominasi wisatawan mancanegara. Setelah lahir di Sabang, maka akan menjadi andalan masyarakat dan atraksi wisata yang besar di Sabang. Orang akan banyak datang dan orang banyak datang itu mensejahterakan,” kata pria asli Banyuwangi itu.

Menpar mengatakan bahwa jumlah penonton yang sangat besar berdasarkan data yang sudah didapatnya sampai tanggal 30 November 2017, dimana jumlahnya mencapai 20 ribu orang. “Nah, jumlah ini 15 persennya adalah wisatawan mancanegara,” ungkapnya.

Dan yang terakhir yang membuat Sail Sabang besar adalah memiliki event yang paling banyak dimana Sail ini memiliki 46 event sejak awal dimulai. “Dan ada acara puncak yang akan digelar 2 Desember, yang semoga cuaca semakin bagus dan acara berlangsung sukses,” harap Menpar Arief.

Menpar juga sangat setuju dengan dipertontonkannya dua kapal kebanggaan Indonesia yakni Dewaruci dan Bima Suci. Karena keberadaan dua kapal tersebut selain parade kapal TNI di setiap pelaksanaan 5 Oktober adalah menjadi daya tarik pariwisata. (dai)

LEAVE A REPLY