Anies Baswedan, Khusus Pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) Dapat Gratis Wisata di Ancol

85anies-baswedanJP News – Mimpi warga Jakarta untuk dapat menikmati Pantai Ancol secara gratis akhirnya dapat terealisasi. Program yang diajukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini akhirnya diterima oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Hanya saja program ini berlaku bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) sebulan sekali dan hari libur nasional.

Sebenarnya, rencana menggratiskan pantai Ancol sudah pernah diwacanakan oleh Djarot Saiful Hidayat kala menjabat Gubernur DKI Jakarta. Namun rencana tersebut ditolak, lantaran seluruh pemegang KTP DKI dapat menikmati pantai di kawasan utara ibu kota tersebut secara cuma-cuma.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, memberikan fasilitas gratis kepada pemegang KJP untuk masuk Ancol merupakan salah satu bagian mengembalikan keadilan di ibu kota. Sebab masyarakat yang perekonomiannya rendah, tidak mungkin memiliki kesempatan untuk berwisata.

“Dan untuk mengukur dari segi apakah mereka mampu atau tidak, itu ya dari sistem pendidikannya. Dan ini terobosan baik ini, kita akan mampu nge-link ke Jakarta Smart City. Ini kita akan cross-tabulated, cross-refer, ke Jakarta Smart City data-data yang dikumpulkan baik oleh Bank DKI maupun ke Jaya Ancol. Itu menurut saya terobosan,” katanya di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/12).

Sandiaga mengaku belum ada rencana untuk menambah frekuensi para pemegang KJP masuk Ancol lebih dari satu hari sebulan. Dia menuturkan akan melakukan evaluasi terkait terobosan tersebut setiap bulannya bersama manajemen Ancol.

“Ancol dulu. Ini kan akses pantai. Kita coba dulu, karena tentunya ini kan yang penting ada langkah. Kita ukur efektivitasnya dulu. Dari mereka kalau diberikan ini, berapa dari pemegang KJP yang menggunakan manfaat ini. Jadi itu perlu dievaluasi tiap bulan,” pungkasnya. (luk)

LEAVE A REPLY