Korea Utara Sebut Trump yang Menginginkan Perang Nuklir

jong-un-bertemu-trump-korut-tunggu-situasi-yang-tepat-rv3JurnalPatroliNews – Korea Utara (Korut) seakan senang terlibat perang kata-kata dengan Amerika Serikat (AS). Kementerian Luar Negeri Korut menuduh pemerintahan AS di bawah Presiden Donald Trump sedang mengajak perang nuklir.

Menurut bunyi pernyataan Kemlu Korut, Trump sedang melakukan perjudian nuklir yang berbahaya di Semenanjung Korea. Trump juga disebut sebagai “pengganggu perdamaian dunia”.

Pernyataan itu disampaikan menjelang dilakukannya latihan militer bersama AS-Korea Selatan Senin. Sekitar 12.000 personel militer AS dan 230 pesawat akan dilibatkan dalam latihan tersebut, yang diberi nama Vigilant Ace.

Latihan tersebut digelar untuk merespons rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-15 yang diluncurkan Korut pada Rabu 29 November. Pyongyang mengklaim rudal tersebut mampu menjangkau seluruh daratan AS dengan sekali tembak.

Sementara, sebelumnya diberitakan, Trump berjanji akan menjatuhkan lebih banyak sanksi untuk Korea Utara (Korut) usai negara itu kembali meluncurkan rudal balistik. Trump juga punya panggilan baru untuk pemimpin Korut, Kim Jong-Un, yakni ‘sick puppy’.

CIA menganggap serius klaim Korut tersebut. Tiga pejabat AS mengatakan bahwa mereka sedang melakukan analisis peluncuran rudal beberapa waktu lalu. Kemungkinan butuh waktu berminggu-minggu sebelum menentukan apakah rudal tersebut adalah jenis baru atau bukan. (dai)

LEAVE A REPLY