Presiden Joko Widodo Berikan Surat Tanah Gratis ke 10 Ribu Masyarakat

wpid-biaya-pembuatan-sertifikat-tanah.jpgJurnalPatroliNews SOREANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 10 ribu sertifikat gratis dalam program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (4/12). Ribuan penerima sertifikat turut hadir dalam acara tersebut berasal dari Kabupaten Bandung.

Kebutuhan Sertifikat menjadi kewajiban bagi Warga Negara. Persoalan Sertifikat menurutnya bisa membuahkan permasalahan. Mengaku tanah sendiri tapi tidak mempunyai sertifikat. Insiden sertifikat terkadang menimbulkan sengketa berkepanjangan.

Tahun ini, 2017, harus bisa mengeluarkan 7 juta sertifikat, dan tahun selanjutnya 9 juta sertifikat.

“Saat ini akan dibagikan kepada masyarakat sejumlah 10 ribu sertifikat,” tegas Jokowi.

Syarifah Nur (32) salah seorang penerima sertifikat warga Kampung Ragamukti Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung, mengaku gembira bisa mengurus dan menerima sertifikat tanah gratis atas tanah miliknya seluas 113 meter persegi. Selama ini ia mendengar jika pengurusan sertifikat tanah memakan waktu cukup lama, hingga tiga bulanan.

“Saya senang sekali bisa mendapatkan sertifikat gratis prosesnya juga enggak lama, dari pendaftaran hingga diterima cuma satu bulan. Kalau ngurus sendiri kata teman saya waktunya bisa sampai satu tahun, biayanya juga mahal katanya bisa belasan juta,”kata Syarifah.

Syarifah hadir di tempat itu bersama sekitar 300 orang warga di desanya. Mereka dijemput oleh sembilan bus langsung ke desanya. Kata dia, warga penerima tinggal datang dan kembali diantar oleh bus gratis. (dai)

LEAVE A REPLY