Mantan Presiden Yaman Tewas Dalam Serangan Houthi

eks-presiden-yaman-tewas-di-tangan-pemberontak-huthiJurnalPatroliNews РMantan Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh, dikabarkan terbunuh dalam serangan yang dilakukan oleh pemberontak Houthi.

Kabar tersebut berhembus menyusul sebuah video yang menampilkan sosok jasad yang diduga Saleh beredar luas di dunia maya pada Senin (4/12/2017).

Sebelumnya, pasukan pemberontak Houthi telah menyerbu kediaman Saleh di Sanaa dan mendapat serangan udara dari pasukan koalisi Arab Saudi.

Kubu Saleh dan pejabat pemerintah Yaman, seperti Nabil al-Sufi dan Ali al-Bukhiti, membenarkan kabar itu. Mimpi rakyat Yaman supaya perang segera berakhir nampaknya akan buyar.

Saleh yang tadinya mendukung kelompok Houthi mendadak berpaling, dan menyatakan siap berunding dengan koalisi pimpinan Arab Saudi. Hal itu membuat kelompok Houthi geram dan menganggap Saleh berkhianat. Pertikaian antara kedua kelompok yang mulanya mesra pecah di Ibu Kota Sanaa sejak Minggu pekan lalu.

“Dia menjadi martir dalam membela republik ini,” kata Sayyid yang juga berasal dari partai yang sama dengan Saleh, Senin (4/12/2017).

Sayyid menyalahkan pemberontak Houthi atas pembunuhan tersebut. Dia mengatakan Saleh dan pejabat tinggi partai lainnya ditembaki pemberontak Houti saat akan menuju wilayah yang dikuasi kuat oleh para loyalis mantan presiden tersebut.

Pemberontak Houthi lalu menghentikan konvoi empat mobil tersebut sekitar 40 kilometer selatan Sanaa. Seorang sumber militer mengatakan, penembakan itu mengakibatkan tewasnya Saleh, Sekretaris Jenderal GPC Arif al-Zouka, dan wakilnya Yasir al-Awadi.

Saleh menjabat sebagai Presiden Yaman selama 33 tahun. Dia mengakhiri masa kekuasaannya pada tahun 2012 lalu. (dai)

LEAVE A REPLY