Warga Jayawijaya Terima Bantuan 4 Ribu Unit Lampu Tenaga Surya

ILUSTRASI
ILUSTRASI

JurnalPatroliNews JAYAWIJAYA – Warga yang berdomisili di 10 distrik, di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, menerima bantuan 4.614 unit lampu tenaga surya yang disalurkan oleh pemerintah setempat.

Bantuan ini diharapkan memberi kemudahan bagi warga setempat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayawijaya Semuel Munua mengatakan ribuan unit lampu tenaga surya itu bersumber dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Bantuan lampu ‘solar cell’ yang diberikan langsung oleh Kementerian ESDM, secara keseluruhan untuk Jayawijaya sebanyak 4.614 unit sehingga akan dibagikan kepada setiap kepala keluarga yang ada di 10 distrik,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayawijaya, Semuel Munua, Selasa (26/12).

Semuel mengatakan penyaluran pertama sudah dilakukan di Distrik Musatfak. “Ketika pembagian di Musatfak, masyarakat sangat antusias dan mereka sampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas program itu,” katanya.

Saat penyerahan telah disampaikan kepada penerima bantuan agar mereka memanfaatkan lampu tersebut untuk kebutuhan mereka, bukan untuk dijual lagi.

“Saya harap bantuan itu jangan lagi ada dipasar untuk dijualbelikan, tetapi digunakan dengan baik,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada tiga kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua yang menerima bantuan lampu tenaga surya tersebut, misalnya Jayawijaya, Tolikara dan Kabupaten Lanny Jaya.

“Tiga kabupaten sudah ditetapkan, dan penyaluran awalnya di Jayawijaya karena Jayawijaya sudah melakukan verifikasi data dengan benar dan selesai,” katanya. (dai)

LEAVE A REPLY