Polisi Sita Kayu Ilegal yang Dijarah dari Hutan di Kalimantan Barat

lxtqvpxy6ggbtbossb5hJurnalPatroliNews – Masih saja ada oknum-oknum nakal yang nekat mencuri kayu di hutan. Kali ini si pelaku kena batunya, ditangkap polisi. Dalam penyergapan ini, polisi dari Dit Pol Air Polda Kalbar menyita puluhan batang kayu dari lokasi di Sui Raya, Kubu Raya.

Menurut Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kalbar AKBP Gusti Maychandra kasus pencurian kayu ini terungkap saat personel kepolisian melakukan patroli dengan menyusuri perairan Dusun Sedayu.

Petugas melihat sebuah lokasi di mana terdapat 2.390 keping kayu olahan dan 41 batang kayu bulat Illegal yang berjenis kayu mahang, kayu cempedak air dan kayu Gawang.

“Seorang tersangka berinisial US diamankan,” beber Gusti, Jumat (5/1).

Pengungkapan kasus itu sendiri terjadi pada Rabu (3/1). Tersangka diketahui menebang dan mengambil kayu dari hutan setempat. Tersangka selaku pemilik pengolahan kayu tidak memiliki izin penebangan.

“Tersangka akan dikenakan dengan pasal 83 ayat 1 huruf e, junto pasal 12 huruf b. UU nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan pengrusakan hutan,” jelas Gusti.

“Dengan ancaman pidana kurang lebih 5 tahun penjara dan denda 2,5 Miliar,” tambahnya.

SUMBER: kumparan.com

LEAVE A REPLY