Muhammad Prasetyo, Sepakat Tunda Proses Hukum Calon Kepala Daerah

Muhammad Prasetyo
Muhammad Prasetyo

JurnalPatroliNews-Jakarta : Jaksa Agung Muhammad Prasetyo sepakat menyetop sementara proses hukum terhadap pihak-pihak yang sudah ditetapkan sebagai calon kepala daerah di Pilkada 2018.

 

Hal ini senada dengan imbauan yang sebelumnya disampaikan oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian.

Menurut Prasetyo, hal tersebut sudah dilaksanakan sejak dahulu demi mengantisipasi kegaduhan di tengah proses Pilkada.

“Sudah ada keputusannya penegak hukum ya supaya tidak menimbulkan kegaduhan biar paslon (pasangan calon) ini mengikuti Pilkada dulu,” katanya di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (9/1).

Dia menuturkan, langkah ini diharapkan dapat membuat proses pemilihan berjalan tenang dan aman, tanpa kegaduhan.

Namun demikian, Prasetyo mengaku tidak mengetahui secara pasti apakah institusinya tengah menyelidiki atau menyidik calon kepala daerah di Pilkada 2018.

Dia hanya menyampaikan proses penyelidikan dan penyidikan terkait dengan nama calon kepala daerah dihentikan hingga Pilkada 2018 selesai dilaksanakan.

“Kalau pun ada di-hold sampai Pilkada selesai dulu,” tutur Prasetyo.

Tito menyatakan Polri menghentikan sementara proses hukum terhadap pihak-pihak yang sudah ditetapkan sebagai calon kepala daerah demi menciptakan persaingan yang adil dan sehat, tanpa upaya menjatuhkan citra pesaing dengan menggunakan tangan penegak hukum.

“Siapapun yang sudah ditetapkan jangan diganggu dengan proses hukum, karena bisa pengaruhi proses demokrasi dan proses kontestasi yang mungkin bisa jadi tidak fair, karena nanti akan dipengaruhi opini publik. Politik sangat dipengaruhi opini publik,” ujar dia di Mabes Polri, Jakarta, Jumat.

Tito pun memastikan proses hukum kembali dilanjutkan setelah Pilkada, apa pun hasilnya.(**)

LEAVE A REPLY