Sandiaga Uno Serius Hentikan Reklamasi

sandi-soal-macet_20171019_095235JurnalPatroliNews JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan terkait keinginan Pemerintah Provinsi DKI untuk mencabut sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) pulau reklamasi, ia menyebut Gubernur DKI Anies Baswedan yang akan menyampaikan terkait hal itu.

Kendati demikian, ia menjelaskan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI untuk melakukan penundaan terkait sertifikat HGB yang belum terbit maupun pencabutan sertifikat HGB yang telah dikeluarkan.

“Kami sudah kirimkan suratnya (ke BPN). Ini menunjukkan bahwa kami serius menghentikan reklamasi dan kami langkahnya konkret-konkret saja,” ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (10/1/2018).

Melalui surat itu, Sandiaga menegaskan, pihaknya ingin menyampaikan pesan yang jelas baik kepada pengembang maupun masyarakat luas bahwa Pemprov DKI Jakarta ingin menata ulang setiap kebijakan publik dengan mengedepankan kepentingan masyarakat banyak.

Terkait pengembang yang telah mengeluarkan sejumlah uang mencapai Rp 400 miliar lebih untuk lahan reklamasi, politisi Gerindra ini mengatakan, pihaknya siap mengembalikan.

“Kami siap. Dan kami memiliki argumentasi hukum yang kuat dan oleh karena itu kami masih yakin untuk menjalankan proses ini dengan langkah-langkah selanjutnya,” jelasnya.

Pemprov DKI juga meminta agar Kementerian ATR/BPN menunda penertiban sertifikat HGB serta membatalkan sertifikat HGB pulau reklamasi yang sudah diterbitkan.

Dalam surat itu, Pemprov DKI menyebut masih melakukan kajian terkait reklamasi setelah pencabutan agenda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di DPRD DKI. (dai)

LEAVE A REPLY