Setya Novanto Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator Kasus Korupsi e-KTP

setya-novanto-diperiksa-antarafoto-1JurnalPatroliNews JAKARTA – Setya Novanto kembali melakukan manuver. Terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP itu segera mengajukan diri sebagai justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama.

“Sudah, draf (pengajuan justice collaborator) sudah kita buat. Iya besoklah finalisasi. Pak Novanto juga sedang diperiksa kan,” ujar pengacara Novanto, Firman Wijaya, ketika dimintai konfirmasi, Rabu (10/1/2018).

Firman juga menjelaskan tujuan Novanto mengajukan diri menjadi justice collaborator ke KPK. Dia mengklaim mantan Ketua DPR tersebut berniat membongkar keterlibatan pelaku-pelaku lain di kasus korupsi e-KTP.

“Pasti lah akan mengungkap (pelaku lain di kasus e-KTP), belum tahu siapa. Cuma itu, draf (pengajuan jadi justice collaborator) sedang kami susun,” kata Firman.

Novanto saat ini sedang menjalani persidangan sebagai terdakwa korupsi e-KTP. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Kamis (4/1/2018), sudah menolak keberatan Setya Novanto dalam lanjutan sidang dengan agenda putusan sela.

Atas putusan itu, Novanto menyatakan akan mengikuti persidangan selanjutnya dengan tertib. Sidang selanjutnya direncanakan pada 11 Januari 2017.

Setya Novanto dalam persidangan didakwa melanggar Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1.

Korupsi e-KTP sendiri diduga merugikan negara Rp 2,3 triliun. (dai)

LEAVE A REPLY