Ini Kata HNW, Alasan PKS Dukung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid

JurnalPatroliNews-Jakarta – PKS menegaskan dukungannya untuk Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai cagub Jatim 2018. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menjelaskan relasi antara partainya dan Gus Ipul.

“Hubungan PKS dengan Gus Ipul sudah sejakĀ  lama dari tahun 2008 saat menjadi Wagub untuk melawan PDIP dua kali. PKS Untuk 2018, Gus Ipul sejak November 2017 beliau sudah ke PKS,” kata HNW kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (10/1).

HNW menuturkan para kiai dari Tapal Kuda Jatim mengimbau PKS mendukung Gus Ipul. Aktivis aksi 212 juga menyatakan dukungannya terhadap Gus Ipul.

“Arahan kiai Tapal kuda dukungan PKS, mereka yang aktif di 212, agar dukung Gus Ipul. Karena dukungan politik Gus Ipul sama, arahan ulama lihat prestasi Gus Ipul sebagai calon gubernur,” ujar HNW.

HNW tak mempersoalkan apabila Gus Ipul berduet dengan Puti Guntur Soekarno, yang merupakan politikus PDIP.

“Arahan ulama agar PDIP dan PKB tak berpisah. Kami sudah calonkan Pak Yoto. Dilihat Gus Ipul agar tetap PDIP, tentu kami menghormati,” ucapnya.

PKS tak mempermasalahkan bersama PDIP dan PKB, yang ikut mengusung Gus Ipul. Menurutnya, koalisi yang sesungguhnya adalah saat Pilpres 2019.

“Yang ada koalisi partai itu saat pilpres. Begitu dalam UUD. Saat gubernur dan wali kota dipilih secara demokratis. Tak ada koalisi dengan partai, yang ada koalisi antarpartai di pilpres,” tutur HNW. (**)

LEAVE A REPLY