Presiden Joko Widodo Akan Segera Tentukan Pengganti Airlangga dan Khofifah

jangan-sampai-pergantian-khofifah-dan-airlangga-jadi-barter-politikJurnalPatroliNews JAKARTA – Presiden Joko Widodo bakal segera memutuskan posisi Airlangga Hartarto dan Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu dikatakan Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi, Johan Budi Sapto Pribowo.

“Akan segera diputuskan Presiden, dipertahankan di kabinet atau diganti,” ujar Johan Budi saat dikonfirmasi, Kamis (11/1/2018).

Airlangga berpotensi diganti karena saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sampai 2019, sementara Khofifah akan mundur karena terjun bertarung di ajang Pilgub Jawa Timur 2018.

Khofifah telah menyatakan akan mengundurkan diri setelah sah ditetapkan KPUD menjadi calon gubernur Jawa Timur. Pengajuan itu dilaporkan Khofifah kepada Jokowi melalui surat izin yang dikirimkan dua hari lalu.

Kemarin, Jokowi menyatakan surat Khofifah memang sudah sampai di meja kerjanya tetapi belum dibaca.

Isu itu menguat setelah Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendaftarkan diri menjadi calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur.

Jokowi yang ditanya wartawan mengenai reshuffle usai menghadiri HUT PDI Perjuangan, Rabu (10/1/2018), tidak mengonfirmasinya. Ia hanya menjawab, “kamu jangan maksa-maksa (reshuffle)”.

Beberapa ketua umum partai sebelumnya seperti Sutiyoso (PKPI) dan Wiranto (Partai Hanura) melepas jabatan di partai ketika ditunjuk menjadi pembantu Jokowi.

Hal itu berbeda dengan Airlangga. Ia terlebih dahulu menjadi menteri dan baru ditetapkan sebagai ketua umum partai setelahnya. Airlangga pun menyerahkan nasibnya di Kabinet Kerja kepada Jokowi. (dai)

LEAVE A REPLY