Sistem Informasi Desa Tunjang Perencanaan Pembangunan Daerah

Bup2Jurnalpatrolinews – Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Pohuwato menyelesaikan beberapa program prioritas seperti penyediaan perumahan warga miskin melalui perumahan komunal sehat. Sebagian kegiatan dilakukan dengan padat karya tunai melibatkan warga miskin setempat. Pemkab Pohuwato ikut serta dalam menyediakan sistem informasi desa berbasis web yang dikerjakan bersama Kantor Staf Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kegairahan pemerintah kabupaten seperti yang dilakukan Pemkab Pohuwato perlu kita dukung,” kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki saat menerima Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga yang dengan antusias memaparkan apa yang dikerjakan pemerintah kabupaten dalam mendukung prioritas nasional.

Perumahan komunal sehat ini adalah upaya menyediakan rumah bagi warga miskin dengan terlebih dahulu menyediakan infrastruktur seperti air, listrik, internet di beberapa lokasi antar desa. Tujuannya untuk memastikan bahwa warga bisa mendapatkan akses air bersih, akses listrik dan sekaligus merapihkan kembali tata ruang desa.

Kabupaten Pohuwato merupakan salah satu kabupaten yang mendapat kunjungan Presiden Jokowi untuk melihat tingkat kemiskinan, kebutuhan infrastruktur dan potensi wisata lokal.

Kantor Staf Presiden juga ikut menindaklanjuti hasil kunjungan kerja dengan menghadirkan sistem informasi desa yang diharapkan membantu perbaikan perencanaan dan pembangunan daerah. (ksp)

LEAVE A REPLY