2018, Rusia Akan Miliki Kapal Selam Terbesar di Dunia

012501900_1481697283-kapal_selam_rusiaJurnalPatroliNews MOSKOW РKapal selam Belgorod yang direncanakan selesai pada tahun ini dirancang untuk melakukan misi penelitian ilmiah di bawah laut.

Kapal selam riset bertenaga nuklir Proyek 09852 Belgorod itu diprediksi akan menjadi kapal selam terbesar di kelasnya. Berdasarkan perhitungan ukuran dan berat benamannya, kapal selam itu akan menyalip rudal balistik Proyek 941 bernama Akula dalam daftar rekor Guinness.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Minggu (14/1/2018), kapal selam Belgorod dirancang untuk melakukan misi penelitian ilmiah di bawah laut.

Kapal selam itu dilengkapi dengan submersible (kendaraan bawah laut), bathyscaphe, serta perangkat ilmiah khusus.

Kapal selam ini mampu mempelajari relief dasar laut Arktik Rusia, mencari kandungan mineral di kedalaman laut, serta menjadi titik komunikasi bawah laut.

Belgorod sendiri dirancang berdasarkan bentuk kapal selam nuklir Proyek 949A Antey yang tidak selesai dibangun.

Dulu, kapal selam Antey dibangun pada era Uni Soviet sebagai respons terhadap penyebaran kapal induk AS di samudra dunia. Kini, setelah mengalami proses rekonstruksi, ukuran kapal selam Belgorod meningkat hingga 184 meter. Dengan demikian, Belgorod akan memiliki ukuran 11 meter lebih panjang dari kapal selam Akula yang dianggap sebagai kapal selam terbesar di dunia.

Profesor dari Akademi Ilmu Militer Vadim Kozyulin mengatakan, Belgorod tidak hanya akan menjadi kapal selam terbesar, tetapi juga kapal selam terunik yang pernah dimiliki AL Rusia.

Ia juga mengatakan, Belgorod akan dilengkapi sauna, kolam renang, gym, hingga ruang khusus merokok — sebuah fasilitas yang tidak dimiliki kapal selam lainnya di dunia.

Menurut informasi yang dilansir Izveztiya, modernisasi kapal selam Belgorod akan selesai pada 2018 mendatang. Saat ini, Belgorod berada di Perusahaan Konstruksi Severodvinsk.

SUMBER: RBTH Indonesia

LEAVE A REPLY