Valentino Rossi Senang Dengan Evolusi Sasis 2016

051099900_1517159187-ValentinoJurnalPatroliNews SEPANG – Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengaku puas dengan sasis baru motor Yamaha M1. Sasis baru tersebut dicoba saat tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (28/1/2018).

Sebelumnya Yamaha memang memiliki sejumlah masalah pada gelaran MotoGP musim 2017. Dua pembalap Yamaha Rossi dan Maverick Vinales mengaku mengaku kekurangan traksi pada ban belakang kuda besinya ketika mengaspal dalam konsisi panas dan hujan.

Meski demikian, Yamaha dengan sigap menjawab respon dari dua pembalapnya tersebut dengan cepat. Tim asal Negeri Sakura tersebut melakukan banyak pengembangan sasis sepanjang musim 2017. Namun usaha mereka masih belum membuahkan hasil karena masalah tak kunjung terpecahkan.

Kegagalan tersebut membuat Yamaha memilih untuk terus menggunakan sasis balap musim 2016, di mana sasis tersebut sama dengan yang dipergunakan tim Yamaha Tech 3 musim lalu. Namun setelah uji coba di Valencia pada akhir 2017, Yamaha akhirnya mengadopsi konsep sasis lamanya untuk dipergunakan dalam balapan musim 2018.

“Kami memahami lebih baik setelah kebingungan sepanjang musim dan hari ini sasis baru, sebuah evolusi, tapi berdasarkan pada 2016,” tutur Valentino Rossi.

The Doctor mengatakan bahwa dirinya menemukan feeling bagus dengan sasis baru tersebut.

“Ketika saya melaju dengan sasis ini, saya merasa lebih baik, ketika saya mendorong, saya memiliki kecepatan bagus,” ujar Rossi lagi.

Dalam tes pramusim hari pertama, Valentino Rossi berada di posisi keenam dengan catatan waktu 2 menit 00,233 detik.

Sasis anyar Yamaha tersebut sudah pernah dicoba Rossi saat tes pasca-musim pada November 2017. Namun, Rossi menyatakan sasis tersebut tak sepenuhnya sama dengan yang dipakainya hari ini.

“Sedikit berbeda. Pada November lalu, kami memahami apa yang saya sukai dari sasis 2016. Itu merupakan tes yang bagus, kami kami melakukan tes sendirian. Kami dapat melakukan tes beruntun dan sejujurnya ide saya sudah ada bahkan sebelum tes dimulai,” kata pebalap asal Italia tersebut.

“Pada tes itu Yamaha juga memahami apa yang dibutuhkan. Saya sangat senang motor yang baru menggunakan dasar 2016. Motor ini lebih baik saat dikendarai, terutama untuk saya,” sambung Rossi. (dai)

LEAVE A REPLY