BIN Kerjasama ITB Dalam Meningkatkan Teknologi Intelejen

bin-itb-tandatangani-mou-pengembangan-inovasi-teknologi-intelijen-C14JurnalPatroliNews BANDUNG – Badan Intelijen Negara (BIN) menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk meningkatkan teknologi intelijen. Peningkatan teknologi intelijen mendesak dilakukan untuk mengantisipasi perang siber atau cyber war.

‚ÄúPola intelijen klasik berupa human intelligence sudah tak bisa lagi menjawab tantangan zaman. Saatnya BIN memasuki era intelijen 3.0 dengan menerapkan technology intelligence,” kata Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan saat memberikan kuliah umum stadium general di Gedung Aula Timur Kampus Ganesha ITB, Bandung, Rabu, 31 Januari 2018.

Dalam pemaparannya, Budi menyampaikan materi kuliah dengan tema “lntelijen Indonesia: lnstitusi, lntuisi, dan lnovasi”. Menurut Budi, ia menilai ITB dan BIN perlu berkolaborasi sebagai pilar sistem inovasi nasional.

“Maka, kerja sama dengan kampus seperti ITB adalah sesuatu yang harus dilakukan, seperti halnya CIA yang bekerja sama dengan MIT di Amerika Serikat,” ujar Budi.

Selain pengembangan produk, BIN-ITB juga bekerja sama membangun pelatihan pengembangan SDM. Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapan sumber daya di BIN dalam berbagai aspek, termasuk teknologi siber, organisasi, dan big data analysis.

Dalam pemaparannya, BG juga menyampaikan contoh perkembangan teknologi yang sedang ramai dibicarakan di dunia, seperti cryptocurrency, financial technology, dark web, bots, dan cyber attack. Selain itu, BG juga memaparkan tentang sejumlah konsep dan data terkait dinamika global dan arah perubahan dunia.

Perjanjian kerja sama diteken untuk membangun kolaborasi dalam pengembangan inovasi teknologi untuk kepentingan intelijen. Dalam acara tersebut, terdapat Nota Kesepahaman dan sekaligus 3 (tiga) dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan bahwa, setelah penandatangan Nota Kesepahaman tersebut, dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerja sama untuk pengembangan produk dan riset inovasi dalam bidang teknologi intelijen.

(dai)

LEAVE A REPLY