Banjir Ekstrem, Pengamat Sayangkan Pemprov DKI Yang Selalu Gagap Setiap Tanggulangi Banjir

IMG-3457904Jurnalpatrolinews – Jakarta, Banjir ekstrem melanda beberapa wilayah di DKI Jakarta. Gubernur DKI dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno diminta untuk meneruskan program penanganan di pemerintahan sebelumnya untuk menanggulangi banjir tersebut.

“Memang nggak bisa tiba-tiba, rencana harus matang, dan rencana itu jangan dimentahkan lagi. Misalkan dulu programnya Jokowi (Joko Widodo) – Ahok (Basuki Tjahaja Purnama). Lalu programnya Foke (Fauzi Bowo), tidak pernah kemudian Jokowi mengganti program Foke dan dia dalami, Diteruskan dan dikembangkan, dan berharap Anies-Sandi melakukan hal yang sama,” kata pengamat Tata Kota Universitas Indonesia Firdaus Ali, Senin (5/2) malam.

Firdaus mengakui kondisi banjir yang melanda Jakarta akibat cuaca ekstrem. Dia menyayangkan Pemprov DKI yang selalu gagap setiap menanggulangi banjir di Jakarta.

“Kita prihatin, beda dengan gempa bumi yang datangnya besarnya. Tetapi itu pun dengan kemajuan teknologi kita menyiapkan bangunan tahan gempa. Tapi kan ironinya ketika menghadapi dengan air, dengan banjir itu kan kita selalu gagap,” jelasnya.

Firdaus mengatakan Anies-Sandi harus terus melakukan normalisasi dan sumur-sumur resapan. Dirinya juga meminta Pemprov DKI berkoordinasi dengan kota penyangga dalam mengatasi banjir.

“Normalisasi sungai, penataan kembali, mendorong membuat sumur resapan. Melakukan injeksi ke dalam tanah, kemudian memperbaiki jaringan drainase yang ada. Kemudian mempercepat Waduk Ciawi dan Cimahi. Dan koordinasi dengan pemerintah Jawa Barat,” paparnya.

Firdaus mengatakan terlalu dini bagi warga untuk menilai kinerja Anies-Sandi. Menurutnya, banjir kali ini merupakan ujian di awal-awal pemerintahan Anies-Sandi.

“Pemprov DKI Jakarta di era Anies -Sandi kan mereka belum 4 bulan memimpin ya. Ya mungkin kalau kalau menuntut mereka terlalu dini. Kalau kita lalai mengelolanya berbahaya. Tentunya kita berharap Pemprov DKI Jakarta tidak gagap menghadapi ini. Ini kan pengalaman pertama Anies-Sandi menghadapi banjir,” paparnya. (**/Luk)

LEAVE A REPLY