Ignasius Jonan, Kegiatan Turisme di Bali Aman, Tidak Ada Gangguan Aktivitas Gunung Agung

Ignasius Jonan
Ignasius Jonan

JurnalPatroliNews-Bali – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan wisatawan dalam dan luar negeri tidak perlu lagi kuatir adanya erupsi Gunung Agung. Hal ini seiring dengan penurunan status gunung yang terletak di Karang Asem, Bali dari Awas menjadi Siaga.

“Kegiatan turisme aman dan tidak ada gangguan aktivitas gunung,” kata Jonan di Karang Asem, Sabtu (10/2).

Gunung Agung mengalami erupsi pada 8 Desember 2017 lalu sekitar pukul 07.59 WIT. Kondisi tersebut sempat memukul sektor pariwisata Bali.

Pasalnya intensitas erupsi gunung memaksa sejumlah jadwal penerbangan dari dan ke Bali mengalami penundaan. Namun jelang pergantian tahun sektor pariwisata kembali menggeliat.

Hal itu ditandai dengan bertambahnya tingkat hunian hotel di Bali. Bahkan Presiden Joko Widodo pun menegaskan itu dengan berjalan kaki di Pantai Kuta tanpa alas kaki pada 22 Desember lalu.

Di awal Januari kemarin, Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menurunkan radius beraktivitas aman dari 8-10 kilometer (Km) menjadi 6 Km dari kawah. Namun status Gunung Agung tetap dinyatakan Awas.(**/luk)

LEAVE A REPLY