Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Ratu Maxima di Istana Merdeka

image-pagi-ini-presiden-jokowi-terima-ratu-maxima-di-istana-negara-jakartaJurnalPatroliNews JAKARTA – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Ratu Belanda Maxima di Istana Merdeka, Jakarta. Kedatangan Maxima dalam kapasitasnya sebagai Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Inklusi Keuangan.

Ratu Maxima tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/2/2018) pukul 09.15 WIB. Kedatangan Ratu Maxima langsung disambut oleh Jokowi.

Jokowi lalu mengajak Ratu Maxima berbincang di beranda Istana atau yang biasa disebut Veranda Talk.

Keduanya berdiskusi membahas peningkatan inklusi keuangan (financial inclusion) di Indonesia.

Jokowi meyakini Ratu Maxima sebagai Special Advocate for Inclusive Fincance for Development dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bisa membantu Indonesia meningkatkan inklusi keuangan Indonesia yang saat ini masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

“Saya berdiskusi satu jam berkaitan dengan financial inclusion. Saya minta, karena Beliau bisa koordinasi baik di PBB, World Bank dan foundation, besar saya minta agar didorong perkembangan financial inclusion untuk bisa lebih cepat,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jokowi menuturkan saat ini pemerintah sudah berupaya untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia. Peningkatan literasi keuangan itu melalui tabungan khusus bagi para pelajar, lalu kemudahan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), petani dan nelayan dalam mendapatkan akses permodalan ke perbankan.

Jokowi mengatakan, untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia, perlu adanya penyederhanaan sistem.

“Memang yang paling penting itu ada satu penyederhanaan sistem. Simplifying system penting sekali. Kuncinya harus terus diperbaiki,” ujar Jokowi.

Selain itu, menurut Jokowi, diperlukan juga penyederhanaan izin yang selama ini membuat masyarakat kesulitan mengakses layanan jasa keuangan.

“Kalau dua hal belum bisa selesaikan, ya majunya akan tidak sepesat yang kita inginkan. Tadi diskusi panjang, dua hal tadi segera cepat kita selesaikan,” kata Jokowi. (dai)

 

LEAVE A REPLY