135 Ha Kebakaran Hutan di Kabupaten Meranti Riau, Polisi Selidiki Penyebabnya

8a96e9de-045d-46de-898b-17c27e2121bc_169JurnalPatroliNews¬†PEKANBARU –¬†Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Meranti Riau meluas hingga mencapai 135 hektare. Tim gabungan kini terus berupaya memadamkan titik-titik api.

“Kami perkirakan lahan yang terbakar mencapai 135 hektare,” kata Kapolres Meranti AKBP Laode Proyek, Rabu (14/2).

Lokasi kebakaran terjadi tepat di titik koordinat N 0053’13.5″, dan E 10247’58.4″.

Pemilik Lahan yang terbakar di antaranya, Anuar (57) warga Desa Lukun, Buhari (54) warga Desa Lukun, Abusar (50) warga Desa Centai, Edy Susanto (48) warga Kelurahan Selatpanjang.

Lokasi yang terbakar, kata Laode, pihaknya sudah memasang garis polisi.

“Kami masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran ini serta mencari saksi-saksi lainnya yang mengetahui terjadinya Karhutla. Koordinasi dengan ahli terkait peristiwa itu,” kata Laode.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengatakan, karhutla menimpa Kabupaten Meranti untuk saat ini telah dapat ditangani.

“Laporan terakhir yang saya dapatkan bahwa kebakaran di Meranti sudah dapat dikendalikan,” katanya di halaman kantor Gubernur Riau,” ujarnya.

Untuk mengendalikan api, tuturnya, tim terdiri dari BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri serta masyarakat peduli api telah berupaya keras dengan sigap dan cepat.

“Juga informasi terbaru bahwa tim yang sudah turun dari kemaren saat ini sedang melakukan pendinginan,” jelasnya. (dai)

LEAVE A REPLY