Bawa Nama Indonesia, Mahasiswa UGM Ikuti Kompetisi Robot di Amerika Serikat

tim-robot-ugm-_180408190423-726JurnalPatroliNews – Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) atau Tim Robot Universitas Gadjah Mada, 7-8 April ini mengikuti kompetisi robot memadamkan api yang berlangsung di Oosting Gymnasium di Trinity College Ferris Athletic Center, Hartforf Connecticut, dalam rangka “The 25th year of the Trinity College International Fire Fighting Home Robot Contest”.

Tim GMRT UGM ini terdiri dari Dani Setyawan dan Adien Gumilang dari Fakultas Teknik, Habib Astari Adi dari Fakultas MIPA, dan Atin Yudi Wibowo dari Sekolah Vokasi.

“Mereka akan mengadu prestasi dengan para mahasiswa yang berasal dari lebih dari 60 tim yang berasal Amerika Serikat, Kanada, China, Ethiopia, Israel, Portugal, Persatuan Emirat Arab,” papar Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto, Ph.D., Minggu (8/4/2018).

Wikan yang merupakan Pembimbing Tim menjelaskan, dalam kompetisi ini, Tim GMRT menampilkan dua buah robot. “Satu robot bertanding di tiga level, yakni level terendah, level sedang dan level tertinggi. Satu robot lainnya bertanding di dua level, yaitu level I dan level II,” kata Wikan.

Akan tetapi, Wikan mengungkapkan, pada kompetisi ini tim GMT tidak menggunakan robot yang beberapa waktu menang di tingkat nasional.

“Hal itu karena robot nasional tidak memiliki kemampuan bertanding di tingkat internasional. Sehingga, ini (robot) murni dibuat ulang,” papar Wikan.

Ketua Tim Robot UGM Atin Yudi Wibowo mengatakan pihaknya sangat antusias dan bangga dapat mewakili Indonesia dalam kontes robot internasional tersebut.

“Kami yakin mahasiswa Indonesia mampu bersaing dalam kejuaraan internasional,” ujar Atin yang merupakan mahasiswa Sekolah Vokasi UGM semester 6.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono, mengatakan mahasiswa adalah aset bangsa yang harus didorong prestasinya. (dai)

LEAVE A REPLY