Kami Kerja Secara Akademis dan Ilmiah, Tidak Ada Kepentingan Politis, Rektor UGM Siap Uji Coba Metode ‘Cuci Otak’ dr Terawan

terawan okJurnalPatroliNews – Jakarta – Rektor Universitas Gajah Mada Prof Ir Panut Mulyono mengatakan pihaknya siap melakukan uji coba metode ‘cuci otak’ milik dr Terawan Agus Putranto. Panut memastikan kesiapan UGM ini untuk kepentingan akademis dan bukan politis.

“Kalau kami siap, kalau uji coba untuk meyakinkan atau membuktikan metodenya itu ya dengan senang hati, karena prinsipnya kami kerja secara akademis dan ilmiah, tidak ada kepentingan politis,” ujar Panut di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/4).

Panut akan memastikan kesiapan fasilitas di UGM jika nantinya ditunjuk untuk melakukan uji coba.

“Siap (melakukan ujicoba), asal punya peralatannya, saya belum tahu di FK atau RS Akademik atau di RS Sardjito ada fasilitas itu atau belum. Kalau ada ya dengan senang hati,” katanya.

Hingga saat ini belum ada komunikasi dari pihak terkait untuk memilih UGM sebagai tempat uji coba metode ‘cuci otak’ dr Terawan. Juga belum ada komunikasi dari Pihak Kemenristek Dikti.

“Saya belum dapat kabar uji cobanya di UGM, memang beliau (dr Terawan) S1-nya di UGM, S3 Unhas,” tuturnya.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menunda sanksi untuk dokter Terawan. IDI menunggu pemeriksaan Health Technology Assesement (HTA) Kementerian Kesehatan terhadap metode cuci otak yang dijalankan Terawan.

Sebelumnya, IDI merasa ada yang mencoba mengadu domba antara pihaknya dengan pihak lain. Caranya lewat pembocoran surat keputusan etik soal dr Terawan.

“Kita minta bantuan intelijen untuk mencari tahu sampai terjadi kebocoran,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Ilham Oetama Marsis di Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4).

(**/Luk-DD)

LEAVE A REPLY