Kasus Reklamasi, Polda Metro Jaya Sudah Periksa Luhut dan Susi

Reklamasi-Teluk-JakartaJurnalPatroliNews JAKARTA – Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengaku, pihaknya telah memeriksa Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti perihal kasus reklamasi.

Pemeriksaan, kata Adi, dilakukan untuk mengetahui terkait aturan pencabutan moratorium.

“Penyidik sudah datang ke sana (kantor), jadi itu (pemeriksaan) berkaitan aturan-aturan dengan moratorium. Pencabutan moratorium,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Senin (16/4).

Adi mengatakan keduanya diperiksa pada Maret 2018 yang lalu. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui apa saja kajian yang dikeluarkan pemerintah terkait reklamasi ini.

“Reklamasi itu sifatnya umum. Kami mau menilai NJOP, kami lihat dulu berkaitan dengan reklamasinya. Ada kajian dari Kementerian Lingkungan Hidup yang menyatakan ada beberapa poin yang masih ditanya, itu yang mau kita tanyakan,” jelas Adi.

Setelah mendapatkan keterangan Luhut dan Susi, polisi kembali memeriksa pihak pengembang.

“Kemudian dari pihak pengembang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang jadi temuan itu,” ujar Adi.

Polisi tengah menyelidiki dugaan korupsi NJOP Pulau C dan D, yang merupakan pulau hasil reklamasi.

NJOP Pulau C dan D sebesar Rp 3,1 juta per meter persegi karena kedua pulau tersebut masih berupa lahan kosong.

Selain Susi dan Luhut, polisi juga telah memeriksa Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan Djalil pada Februari lalu. Tidak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama alias Ahok juga telah diperiksa di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.
Dalam pemeriksaan itu, Ahok dicecar dengan 20 pertanyaan terkait kebijakan reklamasi ini.

“Pertanyaan yang berkaitan dengan kebijakan dia berkaitan dengan reklamasi pada saat dia menjadi gubernur ya,” kata Adi pada Februari lalu.

Sofyan dicecar sejumlah pertanyaan terkait penerbitan Hak Penggunaan Lahan (HPL) dan Hak Guna Bangunan (HGB) untuk pulau reklamasi. (dai)

 

 

LEAVE A REPLY