Puluhan Angkot Cileungsi Ancam Mogok Besar-Besaran Disebabkan Bus Transjakarta

transjakartaJurnalPatroliNews – Bogor – Puluhan sopir angkutan kota (Angkot) Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, menolak beroperasinya Transjakarta yang mangkal di Perumahan Metland Cileungsi dan Perumahan Citra Indah Jonggol, Senin (15/4/2018), yang dinilai mengancam pendapatan pemilik perusahaan angkot dan sopir.

Aksi yang dilakukan sekitar pukul 5,00 WIB pagi itu selain melakukan penyanderaan terhadap 4 bus Transjakarta, puluhan sopir juga kompak melakukan mogok massal. Tidak cukup disitu, puluhan sopir juga melakukan sweeping dengan menghentikan paksa angkot yang masih beroperasi. Akibatnya ratusan warga yang setiap hari menggunakan jasa angkot dan Transjakarta menjadi terlantar.

Aksi mogok massal ini diikuti oleh sejumlah trayek angkot umum, yakni jurusan Cileungsi-Kampung Rambutan, Ciawi-Cileungsi, Uki-Cileungsi, Cawang-Cileungsi dan ditambah aksi solidaritas sopir angkot trayek Jonggol-Cileungsi.

Menurut salah seorang sopir angkot trayek 56 UKI-Cileungsi, Wandi (45) mengatakan, aksi mogok massal ini bertujuan untuk menolak trayek Transjakarta yang menggunakan trayek dari Mall Metland Cileungsi-Jakarta dan Citra Indah-Jakarta. Aksi ini juga,  ungkap dia, merupakan akumulasi kekecewaan sopir angkot yang aspirasinya tidak digubris oleh Dinas perhubungan Kabupaten Bogor.

“Beroperasinya Transjakarta sangat merugikan para sopir angkot dan pemilik perusahaan angkot, karena akan mematikan mata pencaharian kami selama ini. Bayangkan saja, tarif Transjakarta lebih murah, seperti dari perumahan Metland ke Jakarta, penumpangnya hanya bayar Rp 10 Ribu, sementara kalau naik angkot bayarnya kan bisa lebih, tetapi tarif angkot itu kami berlakukan sesuai dengan aturan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor,” tandasnya.

Pihak terkait dinas perhubungan cileungsi yang enggan disebutkan namanya mengatakan kami pihak dinas perhubungan sangat kecewa karna trayek Transjakarta memang sangat mendukung untuk angkutan ibu kota dari cileungsi, namun seharusnya tempat pangkalan untuk bus Transjakarta harus satu titik yaitu diterminal pangkalan angkutan Bus dan angkutan kota jadi tidak ada yang dirugikan serta dikecewakan, “itu semua kembali lagi dengan kebijakan Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat serta atasan, kalau kami bawahan hanya bisa menjalankan tugas,” tegasnya.

(Herwan)

LEAVE A REPLY