Ganjil-Genap Tol Cibubur, BPTJ Sediakan 61 Bus Premium

1523799098_1-orgJurnalPatroliNews JAKARTA – Bambang Prihartono, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), mengatakan, kebijakan ganjil-genap yang diterapkan di Tol Jagorawi mulai dari gerbang tol Cibubur arah Jakarta, BPTJ menyediakan bus premium.

Saat ini tersedia sebanyak 61 bus premium untuk warga Cibubur. Bus premium melayani keberangkatan dari Harvest City, Kota Wisata, Kota Legenda, Metland Transyogi, Citra Grand, Cibubur Country, dan Cibubur Junction.

“Ada 61 unit bus premium tersedia di Cibubur. Bus tersebut dioperasikan oleh Sinar Jaya (14 bus), PPD (6 bus), Lorena (12 bus), Big Bird (5 bus), dan Cemerlang Sejahtera (24 bus),” kata Bambang saat dikonfirmasi Selasa (17/4).

Lalu, lokasi tujuan bus premium yakni Blok M, Mangga Dua, Grogol, Thamrin City, Mega Kuningan, dan Sudirman. Bus premium juga melayani tujuan Kemang, Pasar Baru, Ratu Plaza, Gajah Mada, dan FX Senayan.

Tarif bus premium antara Rp 15 ribu sampai dengan Rp 20 ribu. Waktu tempuh bus antara 1 hingga 1,5 jam.

Bambang mengatakan, bus premium sifatnya pengganti mobil pribadi sehingga melayani masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas. Sifat dari bus premium memberi pelayanan titik ke titik (point to point).

“Intinya adalah premium tidak boleh ambil penumpang di pinggir jalan. Dia hanya ambil penumpang di perumahan saja, point to point,” ujar dia.

Menurut Bambang, bus itu sebagai penganti agar warga pindah dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Itu sesuai dengan kebijakan ganjil-genap yang mengajak masyarakat beralih ke kendaraan umum. (dai)

LEAVE A REPLY