Pengelola Bandara Ngurah Rai, Antisipasi Lonjakan Penumpang, 18 Persen Setiap Bulannya

CaptureJurnalPatroliNews – Denpasar – Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat jumlah penumpang rute domestik dan internasional melonjak tujuh persen pada triwulan pertama tahun 2018 jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

“Rata-rata pertumbuhan penumpang setiap bulannya mencapai 18,5 persen,” kata General Manajer Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Denpasar, Selasa (17/4).

Menurut Yanus, aktivitas vulkanik Gunung Agung yang mengarah stabil dan adanya libur panjang pada akhir Maret 2018 mendorong lonjakan jumlah penumpang di salah satu bandara tersibuk di Tanah Air itu.

Dia menjelaskan pada triwulan pertama 2018, bandara yang beroperasi 24 jam itu melayani 5,17 juta penumpang, baik domestik maupun internasional atau naik tujuh persen dibandingkan periode yang sama yang tercatat 4,83 juta.

Yanus mengungkapkan penumpang mulai menanjak sejak Februari 2018 setelah aktivitas gunung api tertinggi di Bali tersebut menunjukkan kondisi yang menurun.

Berdasarkan pantauan pengelola bandara setempat, puncak arus penumpang terjadi pada tanggal 29 Maret yakni hampir 70 ribu penumpang, melonjak signifikan dibandingkan rata-rata penumpang per hari berkisar 57 ribu orang.

Yanus menuturkan peningkatan juga mulai terlihat pada jumlah wisatawan mancanegara yang tiba di Bali selama triwulan pertama mencapai 1,28 juta orang.

“Walau secara keseluruhan jumlahnya satu persen di bawah kunjungan tahun lalu, tetapi dalam kurun waktu tiga bulan ini angkanya terus bergerak positif,” ujar Yanus.

Pihaknya mencatat wisatawan mancanegara per Januari tercatat sebanyak 352 orang, Februari 437.323 orang dan Maret 493.121 orang.

Komposisinya, lanjut dia, masih didominasi oleh wisman asal China sebanyak 301.690 orang atau 23,5 persen dan disusul wisatawan asal Australia 247.219 atau 19.28 persen dan ketiga ditempati turis India sebanyak 82.545 orang atau 6,5 persen.

Selain penumpang, pergerakan penerbangan juga tumbuh 11 persen dari 34 ribu triwulan pertama 2017 menjadi 37.763 penerbangan triwulan pertama tahun ini.

Untuk mengantisipasi pertumbuhan penumpang dan penerbangan yang terus mengarah positif, pihak Angkasa Pura I saat ini sedang melakukan penambahan berbagai fasilitas antara lain tempat parkir pesawat (apron), gerai pelaporan dan pembuatan jalur pintas pesawat keluar dari landasan pacu.

(**/Luk-DD)

LEAVE A REPLY