NASA Akan Bangun Stasiun Luar Angkasa di Bulang Pada Tahun 2020

RFOJEc2rIaJurnalPatroliNews VIRGINIA – NASA kabarnya berencana membangun stasiun luar angkasa kecil di orbit Bulan pada pertengahan tahun 2020.

Didukung dengan semakin seringnya perusahaan swasta mengirimkan barang ke luar angkasa, stasiun yang akan menjadi ‘pintu masuk’ ini akan membuat misi berawak ke Bulan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

“Apa yang terjadi di industri peluncuran komersil akan terjadi pada industri Bulan komersil. Saya rasa, keduanya merupakan analogi yang saling berkaitan,” kata Bob Richards, CEO Moon Express, seperti dilansir USA Today.

Fasilitas yang disebut Lunar Orbital Platform-Gateway ini akan membuat perjalanan antariksa berawak ke Bulan menjadi lebih reguler. Hal ini juga akan didukung dengan semakin banyaknya perusahaan swasta yang menjajaki bisnis transportasi luar angkasa.

Stasiun luar angkasa ini nantinya akan mendukung eksplorasi di atas dan dekat bulan, hingga mencapai Mars.

NASA sendiri akan bekerja sama dengan perusahaan seperti SpaceX dan Blue Origin untuk membangun lander mendaratkan astronot di permukaan Bulan.

“Kami percaya bermitra dengan industri AS untuk elemen tenaga dan daya dorong akan menstimulasi kemajuan dalam penggunaan komersial daya dorong solar elektrik dan juga memenuhi tujuan eksplorasi NASA,” kata Director of Power and Propulsion Element Gateway, Michele Gates.

Pada Desember 2017 lalu, Presiden AS Donald Trump memang mendorong NASA untuk kembali mengirimkan astronot ke Bulan. Misi berawak ke Bulan terakhir yang NASA lakukan adalah Apollo 17 pada 1972.

Pemerintahan Trump memiliki fokus yang berbeda dari pemerintahan Obama, yang fokus untuk mengirimkan astronot ke Mars.

NASA bekerja sama dengan perusahaan seperti Moon Express untuk mengirimkan pesawat lander robotik yang membawa instrumen penelitian ke Bulan. Program ini paling cepat akan dilakukan pada 2019. (dai)

LEAVE A REPLY

seven − six =