Perang Antar Geng, Sebanyak 44 Orang di Chicago Tertembak dan 5 Orang Diantaranya Tewas

JurnalPatroliNews CHICAGO – Sebanyak 44 orang di seluruh wilayah kota Chicago, AS tertembak sepanjang Minggu (5/8) malam dengan lima di antaranya meninggal dunia.

Dalam jumpa pers Minggu siang, komandan patroli Kepolisian Chicago Fred Waller mengatakan, sejumlah kasus penembakan memang terencana dan sisanya terkait dengan perang antar-geng.

“Kota Chicago mengalami malam yang amat keras. Insiden semacam ini di jalanan kota sama sekali tak bisa diterima,” ujar Waller.

“Beberapa dari insiden (penembakan) ini sengaja ditargetkan dan beberapa terkait konflik antar geng di area-area tersebut,” imbuhnya.

Dalam satu insiden, sebut Waller, pelaku melepaskan tembakan ke arah kerumunan orang yang menghadiri pesta jalanan. Catatan kepolisian menyebut korban luka yang terkena tembakan berusia 62 tahun sebagai yang tertua dan 11 tahun sebagai yang termuda.

Hingga Minggu (3/8) pukul 14.00 waktu setempat, jumlah korban penembakan menjadi 44 orang dengan total lima orang di antaranya tewas.

Penembakan di Chicago juga marak pada Jumat (3/8) dan Sabtu (4/8) lalu. Enam penembakan tercatat terjadi sepanjang Jumat (3/8), namun tidak ada korban jiwa. Pada Sabtu (4/8) tercatat ada 15 penembakan yang terjadi, dengan satu korban jiwa.

Dalam beberapa tahun belakangan pemerintah kota Chicago berusaha keras menurunkan angka penembakan dan pembunuhan. Pada 2016, angka kasus pembunuhan di Chicago merupakan yang paling tinggi selama 20 tahun terakhir.

Namun, Waller mengatakan, sepanjang tahun ini jumlah kasus penembakan di Chicago menurun 30 persen dan pembunuhan turun 25 persen.

“Namun penurunan angka itu bukanlah sebuah keberhasilan, tetapi kita sudah berada di jalur yang benar,” ujar Waller.

Waller menambahkan, sepanjang tahun ini polisi berhasil menyita 5.500 senjata ilegal dari jalanan kota itu.

“Saya berjanji, kota ini tidak akan kalah. Kita semua tinggal di kota ini. Kita semua ingin kota ini lebih aman,” janji Waller. (AFP/dai)

LEAVE A REPLY

five × 2 =