PN Jaksel Putuskan Tolak Praperadilan Luna Maya dan Cut Tari

JurnalPatroliNews JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan putusannya dalam sidang praperadilan kasus dugaan video mesum yang melibatkan Luna Maya dan Cut Tari. Setelah melalui beberapa pertimbangan, hakim menolak gugatan yang diajukan Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI).

Hakim memutuskan untuk tidak menerima eksepsi LP3HI dalam kasus dugaan video mesum yang melibatkan Luna Maya, Cut Tari dan Ariel NOAH tersebut.

“(Memutuskan) menolak eksepsi pemohon satu dalam perkara menyatakan permohonan praperadilan dari pemohon tidak dapat diterima,” ujar Ketua Majelis Hakim, Florensani Susana, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/8).

Ia menyampaikan, pengadilan menolak permohonan gugatan praperadilan itu dengan pertimbangan karena penyidik kepolisian belum mengeluarkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP3) terhadap Luna Maya dan Cut Tari.

“Menimbang bahwa termohon 1 (penyidik Polri) belum mengeluarkan SP3, maka dengan tidak adanya surat tersebut, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tidak berwenang secara hukum,” katanya.

Sebelumnya, LP3HI melayangkan permohonan gugatan praperadilan dengan nomor 70/Pid.Prap/2018/PN.JKT.SEL. Permohonan itu mencakup pada tiga pokok perkara, pertama meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan secara hukum para termohon (penyidik Polri dan Kejaksaan) menghentikan penyidikan secara sah dan berdasar hukum terhadap status tersangka Cut Tari dan Luna Maya.

Kedua, meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memerintahkan termohon I untuk memberitahukan penghentian penyidikan terhadap tersangka Cut Tari dan Luna Maya kepada Jaksa Penuntut Umum, dan tersangka Cut Tari serta Luna Maya atau keluarganya. Terakhir, meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memerintahkan para termohon untuk merehabilitasi nama baik Cut Tari dan Luna Maya.

Seperti diketahui, sudah delapan tahun lamanya kasus dugaan video mesum yang melibatkan Luna Maya dan Cut Tari berlalu. Selama itu juga, polisi belum merampungkan berkas perkara kasus yang terjadi pada 2010 tersebut.

Akibatnya, status tersangka masih terus disandang Luna Maya dan Cut Tari. Padahal, Ariel NOAH yang juga terlibat dalam kasus itu telah diganjar hukuman 3,5 tahun penjara. (dai)

LEAVE A REPLY

12 − 11 =