Perluas Akses Komunikasi Bangsa, Telkom Siap Luncurkan Satelit Merah Putih Dari Florida

JurnalPatroliNews – Florida – Peluncuran Satelit Merah Putih siap terlaksana sebentar lagi. Peluncuran dilakukan di Cape Canaveral Air Force Station, Orlando, Florida AS, pada Selasa, (7/8) siang waktu setempat.

Peluncuran satelit milik Telkom ini akan dikawal oleh Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), yang ditunjuk PT Telkom sebagai kontraktor peluncuran.

“Proses penyatuan roket dan satelit telah dilaksanakan,” kata Direktur Network & IT Solution (NITS) Telkom, Zulhelfi Abidin dalam keterangan pers perusahaan, Senin (6/8).

Peluncuran Satelit Merah Putih diklaim menghemat biaya sekitar 25 persen dari peluncuran satelit sebelumnya, satelit Telkom 3S, yang diluncurkan pada 15 Februari 2016, yang menelan 215 juta dolar AS.

“Satelit Merah Putih hanya menghabiskan 165 juta dolar AS, sudah termasuk biaya asuransi sebesar 10 juta dolar AS,” tegasnya.

Penghematan terjadi karena Satelit Merah Putih menggunakan roket pendorong milik Space X yang dapat digunakan berulang. Teknologi yang diterapkan SpaceX itu dapat menghemat biaya, karena sistem roket pendorong dapat digunakan kembali hingga sepuluh kali pemakaian.

Sebelum diluncurkan, Direktur Utama Telkom Indonesia Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini M Soemarno sempat meninjau Satelit Merah Putih di SpaceX, Cape Canaveral Air Force Station Florida. Peninjauan dilakukan pada akhir Juli lalu.

Rencananya, proses Satelit Merah Putih akan diluncurkan untuk menempati slot orbitnya di 108 derajat Bujur Timur (108 BT). Rini pun mengharapkan agar roket Falcon 9 sukses membawa satelit ke slot orbitnya.

“Kita semua berharap Satelit Merah Putih bisa menjalankan tugasnya menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, serta mempermudah dan memperluas akses komunikasi bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Rini, Selasa (7/8/2018).

(Luk)

LEAVE A REPLY

20 − 13 =