Soal Pemilu 2019, AS: Kami Hargai Pilihan yang Ditentukan Warga Indonesia

JurnalPatroliNews JAKARTA – Amerika Serikat menyatakan akan menghargai penuh pelaksanaan pemilihan umum 2019 mendatang. Keterangan tersebut disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan.

“Terkait dengan siapa yang harus memimpin Indonesia itu terserah kalian warga Indonesia dan kami akan menghargai pilihan yang akan ditentukan warga Indonesia,” ucap Donovan di kantor Kedubes AS di Jakarta Pusat, Kamis (10/8).

“Kami sangat menghargai demokrasi di Indonesia termasuk praktik demokrasi yang berjalan dan pencapaian demokrasi di Indonesia,” sambung dia.

Donovan menegaskan, kedua negara memiliki komitmen yang kuat soal demokrasi. Pemerintah Amerika Serikat berharap pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang dapat berlangsung damai dan adil.

“Mengenai siapa yang akan memimpin Indonesia, itu semua ada di tangan Anda dan masyarakat Indonesia. Kami menghargai pilihan masyarakat Indonesia dan berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemimpin yang terpilih,” ujar Donovan.

Menurut dia, pelaksanaan demokrasi di Indonesia berjalan sesuai jalur. Hal ini karena di Indonesia nilai-nilai toleransi dan pluralisme terus dipelihara di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pemilihan umum presiden dan wakil presiden akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019. Hingga hari ini, sudah ada dua pasangan capres dan cawapres yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum, yakni pasangan petahana Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin, serta pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (dai)

 

LEAVE A REPLY

nine + nine =