Antisipasi Aksi Teroris Jelang Lebaran, Polres Bekasi Bakal Cek Kontrakan dan Kos-kosan

wakapolres okJurnalpatrolinews – Jakarta – Polres Metro Bekasi melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya aksi terorisme jelang Hari Raya Idul Fitri. Sebelum dan sesudah lebaran, Polres Bekasi akan mengecek warga yang tinggal di kontrakan maupun indekos (kos-kosan).

“Kita melakukan antisipasi pengecekan ke rumah-rumah, kos-kosan, kontrakan untuk memastikan warganya yang tinggal di Kota Bekasi nggak lakukan aksi terorisme,” kata Wakapolres Metro Kota Bekasi, AKBP Wijanarko, kepada wartawan di kantornya, Jalan Pramuka, Bekasi, Kamis (14/6).

Antisipasi ini dilakukan berkaca pada kasus-kasus terorisme yang terjadi sebelumnya. Polisi mengecek kontrakan hingga kos-kosan untuk memastikan mencegah teroris yang tinggal membaur bersama warga umumnya.

Dia mengatakan pengecekan akan dilakukan rutin. Petugas akan door to door untuk mendatangi dan mendata tempat tinggal warga.

“Kita antisipasi terkait kejadian teroris, kita belajar dari pengalaman adanya pelaku teror yang tertangkap di Bekasi ternyata dari keterangan tersangka mau lakukan aksinya di Jakarta. Ya tidak menutup kemungkinan ini harus kita waspadai Bekasi sebagai tempat singgah (teroris),” kata Wijanarko.

Selain itu, polisi juga akan mencegah jadi korban serangan teroris. Nantinya polantas akan selalu didampingi Brimob bersenjata saat bertugas mengatur lalin.

“Kita meningkatkan kewaspadaan baik di polres, polsek dan ketika ada anggota yang bertugas di lapangan kita lakukan pengamanan. Terlihat ketika ada anggota yang ngatur lalin di situ ada anggota Brimob atau yang bersenjata menjaga,” imbuhnya.

Belum lama ini Densus 88 antiteror menangkap terduga teroris di Perumahan Tridaya Indah 2, Blok K, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (13/5) lalu. Tim Densus 88 Polri bersama tim dari Polres Bekasi juga sempat menggeledah rumah terduga teroris dan mengamankan satu orang terduga teroris.

“Satu orang saja, terduganya M, laki-laki,” kata Kapolres Bekasi Kombes Candra Kumara kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (14/5).

Selanjutnya, Densus 88 antiteror juga menggeledah rumah kontrakan terduga teroris di wilayah Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi pada Jumat (18/5) sore. Dalam penggeledahan itu Densus 88 mengamankan barang bukti.

(Luk)

LEAVE A REPLY