Apple Resmikan Developer Academy Pertama di Asia Tenggara

2678765534JurnalPatroliNews TANGERANG – Apple meresmikan Developer Academy pertamanya di Asia Tenggara. Pusat pelatihan bagi calon pengembang iOS itu berlokasi di Green Office Park, BSD City, Tangerang Selatan.

Apple Developer Academy bertujuan melatih siswa melalui pendekatan di berbagai bidang dalam pengajaran dan pembelajaran. Para siswa akan dilatih oleh instruktur dari pihak Apple sendiri.

“Ini Apple Academy yang ketiga. Sebelumnya, ada di Brasil dan Italia. Cara kerjanya akan berdasarkan riset yang mereka miliki,” kata Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian di BSD, Senin (7/5).

Airlangga yang menghadiri pembukaan Apple Developer Academy mengatakan bahwa akademi ini khusus melatih pengembang aplikasi masa depan untuk sistem operasi iOS. Akademi ini diharapkan menghasilkan 200 developer pertahun.

“Guna mendorong penumbuhan industri komponen untuk telepon seluler, komputer genggam dan komputer tablet serta software developer di dalam negeri dan juga menumbuhkan pusat inovasi baru,” ucap Airlangga.

Pusat pelatihan ini terbuka untuk umum. Bagi masyarakat yang berminat dapat mendaftar di situs resmi Apple Developer Academy.

Kelas-kelas di Apple Developer Academy mencakup Objective-C dan Swift. Untuk diketahui, Swift dan Objective-C adalah bahasa pemrograman dari Apple untuk membuat aplikasi iOS.

“Kita berharap, para lulusannya dapat menjadi pengembang software iOS yang mampu memecahkan solusi,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, mengatakan Apple Developer Academy akan menjadi tempat untuk mencetak talenta digital Indonesia.

“Bentuk R and D kan ada macam-macam. Kalau ini kan upaya Apple untuk mencetak calon pengambang iOS,” jelasnya.

Apple Developer Academy dibangun di atas tanah seluas 1.500 meter persegi dengan kapasitas 200 developer. Lingkungan belajar tersebut didesain khusus berdasarkan hasil riset dari John Media serta dilengkapi dengan teknologi canggih.

Dalam keterangan pers, Wakil Presiden Apple untuk Lingkungan Hidup, Kebijakan, dan Inisiatif Sosial Lisa Jackson menyatakan, keberadaan Apple Developer Academy ini dapat mengembangkan ekonomi berbasis digital.

“Kami sangat gembira bisa membuka Apple Developer Academy di Indonesia untuk membantu menyediakan pengembang masa depan. Dengan kemampuan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan bisa bergabung dengan perekonomian berbasis aplikasi,” ujar Jackson.

Apple Developer Academy telah berkolaborasi dengan Universitas BINUS dalam bidang komputer dan teknik. Tujuannya adalah memberikan pemahaman mendalam tentang kurikulum yang dibuat khusus untuk interaksi ruang kelas di Indonesia. (dai)

LEAVE A REPLY