Facebook Jawab Surat dari Kominfo Soal Kebocoran Data

750xauto-fitur-terbaru-facebook-ini-bisa-tangkal-pencurian-foto-profil-keren-170623hJurnalPatroliNews JAKARTA – Facebook akhirnya menjawab surat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait penyalahgunaan data pengguna Indonesia yang melibatkan perusahaan Cambridge Analytica.

“Kami sudah menerima surat balasan dari Facebook tertanggal 25 April 2018,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Kamis (26/4).

Adapun isi surat yang disampaikan, menurut Semuel, Facebook mengaku sudah melakukan pembatasan akses dan pemutusan aplikasi pihak ketiga sejenis seperti CubeYOU dan Aggregate IQ. Facebook sedang melakukan investigasi terhadap aplikasi pihak ketiga.

Proses audit yang dilakukan Facebook, lanjutnya, masih berjalan dan akan membutuhkan waktu. Perkembangan proses audit katanya akan diinformasikan kepada pemerintah Indonesia.

“Selain surat tersebut, saya juga mendapat kabar bahwa ada petinggi Facebook yang akan datang ke Indonesia untuk menjelaskan perkembangan lebih lanjut secara langsung kepada Menteri Kominfo Rudiantara,” lanjut Semuel.

Sebelumnya Kemkominfo memberikan empat permintaan kepada Facebook. Empat permintaan itu yakni:

Pertama, klarifikasi mengenai adanya informasi penyalahgunaan data pengguna Facebook yang meluas ke firma analisis lain selain Cambridge Analytica, yaitu CubeYou dan Aggregate IQ.

Kedua, penjelasan lebih lanjut mengenai tindakan teknis untuk membatasi akses data di Facebook, seperti yang telah dijelaskan pada surat dari Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia tanggal 5 April 2018.

Ketiga, memberikan data jadwal dan/atau hasil audit kasus ini. Dan keempat, memberikan data pengguna Facebook Indonesia yang terkena dampak penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica. (dai)

LEAVE A REPLY