Heboh Jam Tangan Setnov Richard Mille Senilai Rp 1,8 Milliar, Ini Fakta Uniknya!

Jam Tangan Richard Mille © Richard Mille
Jam Tangan Richard Mille © Richard Mille

JurnalpatroliNews – Sidang putusan Setya Novanto resmi dibacakan pada tanggal 24 April 2018. Atas tindak korupsi proyek KTP elektronik, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini divonis hukuman 15 tahun penjara dan diwajibkan membayar uang pengganti Rp 1,8 M terkait penerimaan jam tangan mewah Richard Mille dari Andi Narogong. Nilai yang cukup fantastis bukan untuk satu buah jam tangan?

Beberapa orang mungkin terhenyak saat membaca nominal dari jam tangan milik Setnov tersebut. Namun ketika dikulik, produsen jam asal Swiss itu memang spesialis mengeluarkan jam tangan super mewah. Berikut beberapa fakta tentang jam tangan Richard Mille dan alasan mengapa harganya bisa mahal banget!

Unsur pertama jam tangan Richard Mille yang paling mencolok adalah bahan lapisannya. Yap, nggak salah lagi. Jam ini terbuat dari tiga pilihan bahan: emas putih, emas merah dan titanium. Setiap lengkungan dan permukaan dipoles dengan seksama untuk menghindari kelembaban udara dan debu yang masuk di dalam komponen jam tangan.

Kalau lapisan luarnya menggunakan emas, maka bahan dasar jam tangan Richard Mille tentu menggunakan teknologi paling mutakhir. Material case-nya biasa digunakan pada mobil balap Formula 1 dan roket luar angkasa. Jadi bukan hal yang mengejutkan kalau harganya bisa sampe milliaran rupiah!

Penelitian Selama Bertahun-tahun

Bahan dasar yang ekslusif serta lapisan emas tentu nggak bakal cukup. Setiap pergerakan di dalam jam pun dibuat sangat detil dan teliti. Para insinyur yang bekerja di Richard Mille saja sampai butuh waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakannya. Bagian penggerak jam sendiri terbuat dari bahan titanium bahkan ada yang dibuat dari batu mulia yang sudah ditempa dan dipanaskan terlebih dahulu.

Jam Tangan Setara Mobil Balap

Model jam tangan Richard Mille memang cenderung sporty daripada simpel elegan. Namun tentu para pencetusnya memiliki alasan tersendiri. Sekilas produksi dan kemewahan jam tangan Richard Mille hampir mirip dengan mobil Formula 1 dengan penggunaan material mutakhir, ilmu mekanika dan produksi yang terbatas. Tak semua orang memiliki selera bahkan uang yang cukup untuk membeli satu buah jam tangan mewaH Richard Mille namun harus diakui kalau kemewahan yang ditawarkan sepadan dengan bahan dan proses pembuatannya.

Lantas, bagaimana menurut pendapat KLovers tentang jam tangan milik Setya Novanto ini?

(kapanlagi.com)

LEAVE A REPLY