Redaksi

Susunan Redaksi Jurnal Patroli News.Com

Dewan Pembina: Komjen Pol (Purn) Oegroseno, SH – Haji Agus Santoso, SH., LL.M – Mayjen TNI (Purn) HR Karyono D, S.Ip – Irjen Pol (Purn) Drs. Maman Sulaeman – Irjen Pol (Purn) Drs. Aryanto Sutadi, MH., M.Sc – Laksamana Muda TNI (Purn) Kingkin Suroso, SE – Mayjen TNI (Purn) Djoko Pramono, S.Ip., MBA – Laksamana Pertama TNI Muhammad Faisal, SE., MM – Anak Agung Bagus Jelantik Sanjaya – Agung Gede Bagus Cahaya Buana Soeryo Mataram – Prof. Drs. Yislam Alwiny – Drs. Herry Purwanto, M.Si – Dr. Ruly Rahadian.

Dewan Penasehat: Hanny Sumakul Franky, SE – H.Marwan Martidi SH, MBA – Ismadi, Shpn – Marulitua Siahaan – Ichwan, SH – Tri Yudho Soetoto – H. Abdurahman Atim.

Pemimpin Perusahaan /  Redaksi: Panca Dwikora Aba Soekarno.

Wakil Pimpinan Redaksi: Eduard Hudson.

Sekretaris Redaksi: Budhiharto Haryono, SE., HK.

Penasehat Hukum : Rizal Fauzi Ritonga SH, MH – Zamzamir SH, SE, MBA. – Ferdinand Montororing SH, MH.

Dewan Redaksi : Ahmad Munir SH – Ir. Eko P Pungky -Suwarni SH

Manager Promosi : Eka Wardiyanto.

Manager PSDM: Donny Aldhy Irawan.

Manager Keuangan: Elsye P Widodo.

Manager Produksi: Lily F Tumengkol.

Manager Iklan: Drs. Ainur Rovic.

Manager Sirkulasi: Raditya Pradipta.

Manager Umum : Racmadie.

Pusat Penelitian dan Pengembangan: Sunarto, SS – Iriyanto, SH – Jhon Pangemanan – Evin Muhammad Isa – Fitri Irawati.

Redaktur / Redaktur Pelaksana: Ipung Surya PN – Ahmad Muin – Ferdinand Manoppo.

Koordinator Liputan: Wawan.

Reporter: Ghustie Alie – Surya Fachrudin – Budiasa – Sukron Jamil – Kristanto BA – Nurdin – Lukman – Made Thirthayasa – Sony Sonjaya – Maryono Iyo – Asep Yayat Kurniawan – Supriatno – Herwanudin

Reporter Luar Negri : Ricky Wisnu Sulistio (Seattle WA) Shanti Huges (Los Angeles) – Hamka Bin Muhammad.(Malaysia).

Sosial Media: Feri Prayudha Rio Saputra

Fotografer: Rintan Prahasiwi – IP. Surya

Biro – Biro
DKI Jakarta : Agung Adiyanto Lesmono
Kota Tangerang : E. Hudson
Tangerang Selatan : Novika Ariani
Bogor / Depok : Ronny Paslah
Kabupaten Bekasi : Nana Supriyatna
Kota Bekasi : H. Abdurahman Oman
Subang / Purwakarta – Karawang : Wawan
Yogyakarta : Kumara Djati
Jawa Timur : Baku Widodo
Bali / NTB : Gede Budiasa, I Wayan Suardina
Kalimantan Selatan : Gafur
Kalimantan Timur : Gatut Teguh
Kabupaten Kutai Kartanegara : Buyung Rayo
Kalimantan Utara : Muhdi Noor
Kalimantan Barat : Triaji Buditomo
Sulawesi Utara : Risat Sanger
Sulawesi Selatan : Fadly
Papua : Jhon Pagemanan
 

PT. JURNAL PATROLI INDONESIA                                                      

Alamat Redaksi : Jl. Wortel 3 Blok E4/13 Sektor 1.6, Bumi Serpong Damai (BSD), Rawabuntu, Serpong, Tangerang Selatan 15318 – Indonesia. Email : jurnalpatroli2016@gmail.com / jp.redaksi@yahoo.com

Telpon Redaksi : (021) 2223 1829, Fax : (021) 2223 1829

SMS Hotline      : 0878 8700 2223

 

Semua reporter www.jurnalpatrolinews.com yang melakukan peliputan dilapangan dibekali ID Card atau Surat Tugas dari Redaksi yang masih berlaku. Diluar nama-nama diatas bukan merupakan wartawan JurnalPatroliNews.com – Apabila ada yang mengaku sebagai wartawan JurnalPatroliNews.com tanpa menunjukkan ID Card atau Surat Tugas dari Redaksi maka segala tindakannya bukan menjadi tanggung jawab redaksi JurnalPatroliNews.com

 

“Terima kasih untuk tidak memberikan uang TIP kepada wartawan kami”

 

 

Pedoman Siber

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.

Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

  1. Ruang Lingkup
  1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

2. Verifikasi dan keberimbangan berita

  1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
  2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
  3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
    1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
    2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
    3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
    4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
  4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

  1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
  2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
  3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
    1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
    2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
    3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
  5. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
  6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
  7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
  8. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).

4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

  1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
  3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
  4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
    1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
    2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
    3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
  5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

5. Pencabutan Berita

  1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
  2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
  3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

6. Iklan

  1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
  2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan