Inggris Libas Swedia 2-0, Lolos ke Semi Final Piala Dunia 2018

para-pemain-inggris-merayakan-kemenangan-timnya-atas-kolombia_20180707_073234JurnalPatroliNews MOSKOW – Inggris melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 setelah menundukkan 2-0 atas Swedia, Sabtu (7/7), di Samara. Gol yang membawa pasukan Gareth Southgate lolos ke babak empat besar semuanya dicetak dengan sundulan masing-masing oleh Harry Maguire pada menit ke-30 dan Dele Alli (58).

Di semifinal, Inggris akan menghadapi pemenang antara tuan rumah Rusia melawan Kroasia yang digelar pada Minggu (8/7) dini hari mulai pukul 01.00 WIB. Semifinal akan digelar 11 Juli mendatang di Stadion Luzhniki, Moscow.

Inilah untuk pertama kalinya Inggris kembali melaju ke semifinal Piala Dunia setelah 28 tahun. Terakhir kali mereka melakukannya pada Piala Dunia 1990. Saat itu mereka melaju ke semifinal dengan menundukkan Kamreun 3-2 lewat babak tambahan waktu.

Menghadapi Inggris yang lolos ke perempat final setelah menundukkan Kolombia lewat adu penalti ini, Swedia menurunkan formasi 4-4-2. Andersson mempercayakan lini depan kepada duet Ola Toivonen dan Marcus Berg. Mereka ditopang oleh pemain sayap Emil Forsberg dan Sebastian Larsson. Sementara Viktor Claesson dan Albin Ekdal menjadi motor di lapangan tengah.

Di kubu Inggris, manajer Gareth Southgate menampilkan formasi 3-5-2. Raheem Sterling dan Harry Kane berduet di lini depan. Mereka didukung lima pemain tengah. Ashley Young dan Kieran Trippier menjadi pemain sayap di kiri dan kanan. Trio Jesse Lingard, Jordan Henderson, serta Dele Alli dipercaya menjadi andalan di jantung tengah.

Laga babak pertama berlangsung dalam tempo lambat. Kedua tim terlihat bermain hati-hati dan saling menunggu. Inggris baru tampil menyerang setelah melewati menit ke-30.

Menit ke-19, sebuah peluang didapat Inggris melalui aksi Harry Kane. Berawal dari aksi Raheem Sterling yang merangsek masuk ke pertahanan Swedia, pemain Manchester City lalu menyodorkan umpan pendek untuk Kane. Striker Tottenham Hotpur ini melepaskan tendangan kaki kanan tetapi bola melenceng di sisi kanan gawang Robin Olsen.

Menit ke-23, Inggris kembali mengancam. Jesse Lingard melepaskan umpan kepada Kieran Trippier yang langsung ditendang oleh pemain sayap Tottenham Hotspur itu. Namun kiper Olsen mampu mengamankan bola dengan baik.

Inggris mengakhiri kebuntuan pada menit ke-30 melalui aksi Harry Maguire. Gol berawal dari umpan yang dikirim Ashley Young dari sepak pojok. Maguire yang berada di depan gawang berhasil menyundul bola dan melesak di gawang Robin Olson. Ini adalah gol pertama pemain Leicester City ini untuk Timnas Inggris.

Pasukan Southgate sebenarnya nyaris menjebol gawang Swedia pada menit ke-43. Sterling berhasil menembus pertahanan dan masuk ke kotak penalti. Namun dia dianggap offside.

Tak lama kemudian Sterling kembali mendapat peluang saat berada di depan gawang sendirian. Namun dia terlambat mengeksekusi bola sehingga para pemain belakang Swedia membuatnya kesulitan melepaskan tendangan.

Memasuki babak kedua, Inggris tetap berinisiatif menyerang karena sadar keunggulan 1-0 masih riskan. Namun pada menit ke-47, Swedia justru membuat tekanan yang nyaris menyamakan skor.

Umpan silang Ludwig Augustinsson disambut oleh Marcus Berg dengan sundulan. Namun dengan reaksi yang luar biasa, kiper Inggris Jordan Pickford berhasil menepisnya.

Inggris akhir mencetak gol kedua pada menit ke-58. Gol kedua The Three Lions kali ini dilesakkan gelandang Dele Alli.

Gol yang dilesakkan pemain Tottenham Hotspur ini sebenarnya berbau offside. Dia menyambut bola umpan silang dari Jesse Lingard dengan sundulan di depan gawang,mendahului pemain Swedia. Para pemain Swedia sempat meragukan gol itu namun wasit tetap mengesahkannya.

pada menit ke-, Swedia mendpaat peluang emas melalui aksi Berg. Memanfaatkan sodoran John Guidetti, pemain bernomor punggung 9 ini berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan kaki kiri. Bola nyaris melesak andai tidak ditepis oleh Pickford.

Delapan menit menjelang laga usai, Inggris nyaris menambah keunggulan. Setelah mendapat kiriman bola dari Kane, Lingard melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun tak menemui sasaran lantaran diblok.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Swedia (4-4-2): 1 Robin Olsen; 16 Emil Krafth (18 Pontus Jansson 85), 3 Victor Lindelof, 4 Andreas Granqvist, 6 Ludwig Augustinsson; 7 Sebastian Larsson, 17 Viktor Claesson, 8 Albin Ekdal, 10 Emil Forsberg (5 Martin Olsson 65); 20 Ola Toivonen (11 John Guidetti 65), 9 Marcus Berg.

Inggris (3-5-2): 1 Jordan Pickford: 2 Kyle Walker, 5 John Stones, 6 Harry Maguire; 12 Kieran Trippier, 7 Jesse Lingard, 8 Jordan Henderson (4 Eric Dier 85), 20 Dele Alli (17 Fabian Delph 77), 18 Ashley Young; 10 Raheem Sterling (19 Marcus Rashford 90+1), 9 Harry Kane.

LEAVE A REPLY

2 + 2 =