Komoditi Pertanian Sulut Harus Dimaksimalkan

Marthen-Waworundengjurnalpatrolinews.com – Colorado,           Kelapa, Cengkih, Vanili, Pala, Padi, Cabai dan lain sbagainya yang menjadi komoditi andalan Sulawesi Utara harus lebih dimaksimalkan. Demikian dikatakan Marthen Waworundeng pengusaha sukses asal Minahasa yang sudah lama berakarir di Amerika Serikat selama puluhan tahun.

Menurutnya pola pertanian yang diterapkan perlu mendapat sentuhan teknologi untuk dapat melakukan efisiensi waktu dan memaksimalkan hasil panen. Apakah itu tanaman tahunan atau hortikultura dan sejenisnya, perlu menggunakan teknologi.

“Penggunaan teknologi dalam dunia pertanian sangat luas. Mulai dari pembenihan, perawatan selama masa pertumbuhan, penanganan serangan penyakit hingga panen, semuanya butuh teknolgi tepat guna. Dengan teknologi juga kita bisa melakukan berbagai penelitian dan percobaan untuk mempelajari seluk-beluk komoditi yang ditanam terutama mencari dan mendapatkan varietas lokal baru yang baik,” ungkap Waworundeng.

Ditambahkannya bahwa untuk tanaman tahunan yang sudah menjadi komoditi ekspor harus ditingkatkan lagi dan didukung oleh kebijakan pemerintah daerah yang berpihak pada petani itu sendiri. Sedangkan jenis tanaman hortikultura dan palawija perlu mendapatkan penanganan serius, agar selain bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal, bisa juga untuk pasar ekspor dala negeri. (beritamanado – frangkiwullur)

LEAVE A REPLY