Menerima Hukuman Terkait Kasus Pajaknya, Cristiano Ronaldo Akan Dipenjara?

Berita itu datang beberapa jam sebelum Ronaldo mencetak hat-trick melawan Spanyol.
Berita itu datang beberapa jam sebelum Ronaldo mencetak hat-trick melawan Spanyol.

JurnalPatroliNews – Pesepakbola Cristiano Ronaldo dilaporkan setuju untuk menerima denda £16,4 juta (Rp280 miliar) dan hukuman penjara yang ditunda sebagai penyelesaian tuduhan penggelapan pajak yang melibatkan dirinya.

Pesepakbola Real Madrid dan Portugal itu, 33 tahun, tahun lalu dituduh menggelapkan pajak sebesar €14,8 juta (Rp222 miliar), tuduhan yang disangkalnya.

Ronaldo menawarkan untuk membayar £12,9 juta (Rp225 miliar) pada Juni 2017 tetapi pemerintah menolak tawaran itu, seperti dilaporkan surat kabar El Mundo.

Kabar itu datang sebelum dia mencetak hat-trick melawan Spanyol di Piala Dunia.

Pengadilan Spanyol baru-baru ini menindak penggelapan pajak di antara para pemain sepakbola.

Ronaldo tidak mungkin masuk penjara dengan kesepakatan ini – dilaporkan selama dua tahun pada tahap ini. Di bawah hukum Spanyol, hukuman dua tahun untuk pelanggaran pertama dapat dilakukan dengan masa percobaan, tanpa ada persyaratan untuk penangkapan.

Setiap kesepakatan harus ditandatangani oleh lembaga pajak Spanyol. Lembaga ini menuduh Ronaldo mencoba menyembunyikan uang terkait dengan hak citra yang dibuat antara 2011 dan 2014.

Dia membantah klaim itu dan agennya belum mengomentari laporan terbaru ini.

Namun, waktu pemberitaan ini menimbulkan pertanyaan. Datang hanya beberapa jam sebelum Ronaldo dijadwalkan bermain untuk Portugal dalam pertandingan melawan Spanyol di Stadion Olimpiade Fisht di Sochi, Rusia.

Tapi tampaknya tidak mempengaruhi penampilannya saat ia mencetak semua tiga gol termasuk gol penyama kedudukan akhir yang membuat pertandingan berakhir 3-3.

Kembali pada tahun 2010, ketika krisis keuangan semakin memburuk, Spanyol mencabut pembebasan pajak yang dikenal sebagai “hukum Beckham”, yang memungkinkan para pemain untuk membatasi pajak mereka.

Pemain Barcelona Lionel Messi diberi hukuman penjara 21 bulan pada tahun 2017 atas tuduhan yang sama dengan Ronaldo, tetapi di bawah hukum Spanyol di boleh membayar denda sebagai gantinya.

(bbc.com)

LEAVE A REPLY

3 × one =