Menhub: Arus Mudik 2018 Belum Puncaknya, Jumlah Pengguna Motor Turun

533374229JurnalPatroliNews JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim, pada arus mudik 2018, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor berkurang. Menurut dia, hal itu didasarkan atas data yang dikumpulkan Kementerian Perhubungan selama tiga hari pada 8-10 Juni 2018.

“Dari data tiga hari terakhir menunjukkan terjadi penurunan terhadap jumlah kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan juga penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas 30-40 persen,” kata Menteri Budi Karya saat menghadiri acara Mudik Bareng Honda 2018 di kantor PT Astra Honda Motor, Sunter, Jakarta Utara, Minggu (10/6).

“Dari data tiga hari terakhir menunjukkan terjadi penurunan terhadap jumlah kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan juga penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 30-40 persen. Jadi waktu tempuhnya juga berkurang. Namun juga telah terjadi kenaikan pada jumlah kendaraan roda empat sebesar 40 persen,” jelas Menhub.

Budi berujar, meski pemudik menggunakan sepeda motor berkurang, jumlah pemudik dengan mobil penumpang justru bertambah. Menurut data yang berhasil dikumpulkan, jumlahnya mencapai 40 persen. Dalam prakiraan sebelumnya, Kementerian menyatakan pemudik dengan mobil penumpang bakal naik sekitar 16,6 persen atau sebanyak 3,72 juta pemudik.

Pada kesempatan yang sama, Menhub juga mengungkapkan berbagai moda yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Selain moda transportasi darat, Menhub juga mengatakan bahwa moda transportasi udara memiliki perkembangan yang bagus.

“Moda transportasi darat masih menjadi favorit masyarakat. Lalu setelahnya udara, kereta api, dan laut. Perkembangan moda transportasi udara juga memiliki perkembangan yang bagus, sesuai perencanaan terjadi peningkatan sembilan persen dan realisasinya juga sembilan persen,” ungkap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan perkembangan mudik dengan moda transportasi laut serta pentingnya memanfaatkan mudik gratis agar tercipta mudik yang aman dan nyaman.

“Pada moda transportasi laut yang pada tahun lalu kurang favorit tahun ini kami adakan mudik gratis dengan rute Jakarta-Semarang dengan kapasitas 30.000 orang dan 15.000 motor. Saat ini okupansi-nya sudah mendekati 90 persen. Kami akan konsisten ini menjadi pola mudik melalui laut yang potensinya bisa mengangkut banyak pemudik,” ungkap Menhub. (dai)

LEAVE A REPLY