Menkeu Pastikan Pertemuan IMF-World Bank Tetap Berlangsung

AAxepCXJurnalPatroliNews JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan persiapan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank yang berlangsung pada Oktober 2018 akan terus dilakukan meski terjadi aksi teror bom yang terjadi di Surabaya.

“Ini kan terus berjalan, artinya persiapan tetap dilakukan,” kata Sri Mulyani, Senin (14/5).

Menurut dia, saat ini, koordinasi terkait keamanan telah dilakukan antara pemerintah dengan TNI maupun Polri agar pertemuan yang berlangsung di Bali ini tidak mengalami gangguan aksi maupun serangan teror.

Sri Mulyani menambahkan, pada dasarnya aksi terorisme juga terjadi di banyak negara lainnya. Biasanya panita pertemuan IMF-WB pasti akan melakukan evaluasi tentang karakter penyerangannya, bentuk ancaman hingga mitigasi yang harus dilakukan.

Namun dia mengatakan, bahwa prosesnya belum sampai ke sana. Pihak pemerintah saat ini lebih memikirkan bagaimana menciptakan keamanan bagi rakyat Indonesia sendiri.

“Belum sampai ke sana, karena demi keselamatan masyarakat kita sendiri yang diserang dan jadi korban. Jadi konsentrasinya masyarakat kita sendiri yang merasa di berbagai tempat bisa jadi satu sasaran dari teror. Kita fokuskan bagaimana keselamatan masyarakat utama,” tuturnya.

Terkait aksi teror di Surabaya, Sri Mulyani mengharapkan penanganan yang sudah dilakukan aparat keamanan bisa memberikan kepercayaan kepada investor bahwa Indonesia saat ini dalam keadaan aman.

“Saat kondisi perekonomian global sedang bergejolak, tentu kita tidak ingin menambah persepsi bahwa Indonesia tidak dalam keadaan aman. Dalam hal ini negara harus disampaikan aman,” ujarnya.

Sebelumnya, serangan teror bom melanda tiga gereja berbeda di Surabaya pada Minggu pagi (13/5/2018), yaitu Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di wilayah Ngagel, kemudian GKI Wonokromo Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta di Jalan Raya Arjuno.

Kemudian, pada Minggu malam, sekitar pukul 20.00 WIB bom meledak di Rusunawa Blok B lantai 5 Kelurahan Wonocolo, Kabupaten Sidoarjo. Kejadian serupa terjadi pintu masuk Mapolrestabes Surabaya, pada Senin pagi. (dai)

LEAVE A REPLY