Menkominfo Blokir Akses Buletin Al Fatihin di Media Sosial

36-5JurnalPatroliNews JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan sudah memblokir Al Fatihin, sebuah buletin milik kelompok teroris ISIS yang kini marak beredar di dunia maya di Tanah Air.

“Sudah diturunkan, sudah di takedown, sudah diblok ada yang media cetak, ada yang media sosial,” kata Rudi di Kantor Menkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (18/5/2018).

Rudiantoro menemukan sekitar puluhan media sosial yang menyediakan buletin tersebut. Ia pun menegaskan telah memblokir akses ke media sosial yang masih menyebarkan buletin tersebut.

“Dari media sosial itu ada sekitar, mayoritas 80-an itu Al Fatihin dari berbagai versi. Sudah diblokir,” ujarnya.

Dia menambahkan mesin pengais konten negatif saat ini telah ditingkatkan kinerjanya mencari konten negatif menjadi setiap dua jam sekali, sehingga hasil temuan situs-situs yang berkaitan dengan radikalisme dan terorisme menjadi lebih cepat diatasi.

“Untuk situs atau website, setiap dua jam sekali dilakukan pengaisan menggunakan mesin crawling,” imbuhnya.

Dia mengakui konten-konten yang berkaitan dengan radikalisme dan terorisme sangat banyak bertebaran di media sosial.

Karena itu, ia juga meminta partisipasi aktif masyarakat agar melaporkan temuan akun atau konten-konten yang melanggar. Masyarakat bisa mengadukannya lewat surat elektronik aduankonten@kominfo.go.id.

“Kerjasama dengan masyarakat akan lebih baik dan cepat menangkal radikalisme dan terorisme,” pungkasnya. (dai)

LEAVE A REPLY