PAN Serius Calonkan Amien Rais Running for President 2019, Puan Pertanyakan Partai Mana yang Mendukung

jp 123Jurnalpatrolinews – Jakarta,  Ketua DPP PDIP bidang politik dan keamanan Puan Maharani mempertanyakan dukungan politik partai untuk mengantarkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyatakan siap menjadi calon presiden untuk menantang Jokowi di Pilpres 2019. Puan tidak masalah dengan rencana tersebut selama Amien bisa memenuhi syarat pencalonan.

Untuk diketahui, dalam Pilpres 2019 butuh dukungan 20 persen dari kursi DPR atau ambang batas pencalonan (presidential threshold). Saat ini, PAN baru mengantongi 7,59 persen.

“Itu kan hak setiap warga negara, selama kemudian memenuhi persyaratan pencalonannya, bisa kemudian mencalonkan menjadi calon presiden. Kalau kita lihat sekarang, sudah cukup belum persyaratannya, apakah sudah memenuhi persyaratan yang ada sesuai konstitusi,” ujar Puan di kantor DPP PDIP, Selasa (12/6).

Terpisah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga menyampaikan hal serupa. Selama memenuhi syarat, PDIP tidak mempermasalahkan rencana pencalonan Amien. Hasto menambahkan hal tersebut patut diperhitungkan juga karena Amien pernah maju sebagai capres di Pemilu 2004, berduet dengan Siswono Yudhohusodo.

“Ya sejak dulu kan Pak Amien ingin jadi presiden, soal peluang rakyat menentukan,” kata Hasto di Stasiun Senen.

Sebelumnya, Amien menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai capres dari PAN. Pernyataan tersebut pun didukung oleh internal partai berlambang matahari dengan serius membahas peluang Amien maju sebagai capres.

“PAN serius mencalonkan pak Amien Rais running for President 2019,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Minggu (10/6). (Luk)

LEAVE A REPLY