Peran Aktif Bakamla Pada WLM Of The 14th HACGAM di Bangladesh

IMG-20180714-WA0007JurnalPatroliNews – Dhaka,–Direktur Kerja Sama Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H. sebagai pimpinan delegasi Indonesia dipercaya menjadi Chair Capacity Building HACGAM dalam Pertemuan Working Level Meeting (WLM) untuk Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke-14. Acara secara resmi dibuka oleh Minister of Home Affairs Bangladesh Mr. Assaduzaman Khan Kamal di Westin Hotel, Dhaka, Bangladesh, beberapa hari lalu.

Pertemuan yang dihadiri oleh coast guard dan instansi penegak hukum di laut di Asia ini digelar dalam rangka mempersiapkan HLM HACGAM ke-14 di Bangladesh, yang rencananya akan dilaksanakan pada Oktober 2018.  Adapun negara anggota HACGAM yang hadir dalam kegiatan WLM ini antara lain: Australia, Bangladesh, RRT, Hong Kong-China, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Korea Selatan, Thailand, Turkey dan Vietnam. Turut hadir pula Bahrain Coast Guard sebagai Observer.

Acara dibuka pada Rabu (11/7) dan berlangsung selama dua hari. Direktur Kerja Sama Bakamla memimpin Delegasi Indonesia secara aktif berkontribusi dengan menyampaikan usulan motto dan logo untuk HACGAM sekaligus sebagai pimpinan/Chair pada Working Group on Capacity Building HACGAM.

Adapun hasil pertemuan WLM kali ini yaitu disetujuinya konsep awal dari website HACGAM, disepakatinya proposal Motto HACGAM yang merupakan simplifikasi dari usulan Indonesia, disepakatinya element dari Logo HACGAM, disepakatinya draft revisi Administrative Guidelines dan disepakatinya permohonan keanggotaan Bahrain yang mana kesepakatan-kesepakatan tersebut akan disampaikan dan diputuskan untuk diterima pada pertemuan HLM HACGAM ke-14 pada Bulan Oktober 2018 di Bangladesh.

Pelibatan Bakamla pada forum HACGAM merupakan salah satu bentuk upaya Diplomasi Maritim yang dilakukan oleh Bakamla dalam rangka menjalin dan meningkatkan kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan laut di Kawasan Asia. HACGAM sendiri merupakan satu-satunya forum kerja sama Coast Guard di Asia yang mana telah berdiri sejak tahun 2004. Dengan kontribusi aktif Bakamla pada forum HACGAM dan terpilihnya Indonesia dalam hal ini Bakamla menjadi Chair Capacity Building HACGAM, menegaskan dan membuktikan kepemimpinan Indonesia di Kawasan dalam pelaksanaan kerja sama keamanan dan keselamatan laut sesuai dengan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Pada pelaksanaan WLM of the 14th HACGAM kali ini, Direktur Kerja Sama Bakamla didampingi oleh Kasubdit Harmonisasi Strategi Keamanan Laut Bakamla, Kombes Pol. Tatar Nugroho, S.IK., S.H, dan Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla, Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR.

(Rdk)

LEAVE A REPLY

20 − 16 =