Perkara Mantan Pejabat Kemendagri, Ir. Dudy Jacom, MSi, ‘Segera Disidangkan’

kpk ooJurnalPatroliNews – Jakarta – Mantan Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendagri Ir. Dudy Jocom, MSi akan segera disidangkan oleh Pengadilan Tipikor Jakarta didakwa oleh KPK selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada proyek pembangunan kampus IPDN Bukittinggi, Kabupaten Agam telah merugikan keuangan negara 34 milyar karena diduga bersekongkol dengan Budi Rachmat Kurniawan General Manager PT Hutama Karya pada proyek pembangunan kampus IPDN Bukittinggi tahun 2011 era pemerintahan SBY dan mantan Mendagri Gamawan Fauzi.

Menurut Febri Diansyah Jubir KPK kasus ini terungkap dari pengembangan kasus proyek Kemenhub di Papua yang juga menyeret Budi Rachmat Kurniawan dan sudah dijatuhi vonis tiga setengah tahun penjara oleh pengadilan.

Dudy Jocom cukup lama ditetapkan sebagai tersangka sejak tahun 2016 dan baru ditahan Februari silam, menurut Febri Diansyah lamanya menyidik kasus IPDN Bukittinggi karna banyaknya saksi yang diperiksa mencapai 200 saksi bahkan termasuk proyek kampus IPDN Riau Dudy dan Budi sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan kerugian negara sebesar 34 milyar.

Dudy diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain dalam pembangunan Kampus IPDN di Agam.

Dari penelusuran Jurnalpatrolinnews kasus korupsi proyek pembangunan kampus IPDN Bukittinggi dan Riau ada nama-nama pejabat terkait di Kemendagri yang tidak disentuh KPK padahal ada dalam lingkaran penentuan proyek kampus tersebut seperti panitia pengadaan barang di Kemendagri yang berada dibawah tanggung jawab Sekjen waktu itu dijabat Diah Anggraeni.

Saat pelimpahan dari penyidik KPK kepada penuntut umum KPK dua pekan lalu Dudy Jocom nampak didampingi oleh beberapa Advokat namun enggan berkomentar namun Dudy membenarkan akan segera disidangkan katanya sebelum memasuki mobil tahanan KPK.

(rdk)

LEAVE A REPLY