PKP Kaltim Sosialisaikan Ancaman Narkoba

kaltim 1JurnalPatroliNews – Samarinda, Perwakilan Kementerian Pertahaman  Kalimantan Timur (PKP Kaltim) memberikan pembekalan tentang bahaya Narkotika yang merupakan musuh dan ancaman non militer terhadap generasi muda dan keamanan negara.

Acara yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Samarinda Seberang pada Rabu (9/5/18) ini  dihadiri 30 peserta diantaranya  mahasiswa, Karang Taruna dari Kelurahan Masjid dan Mangku Palas, Resimen Mahasiswa dari Universitas Widyagama Samarinda dan para alumni Parade Cinta Tanah Air (PCTA ) Angkatan tahun 2017.

Acara dibuka oleh Pejabat PKP Kaltim, Brigjen TNI Rukman Ahmad didampingi oleh Camat Samarinda Seberang Drs. Ansarullah dan Kasi Pencegahan BNNP Kaltim, Rosna Elviani, SKM dan Kasi  Pemberdayaan masyarakat, Firdaus Cristyoadi, S.Psi.

Rukman Ahmad mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah pemberdayaan sumber daya pertahanan sebagai bagian dari sistem pertahanan semesta, yaitu menyiapkan seluruh wilayah, menyiapkan sumber daya manusia dan menyiapkan sumber daya nasional.

“Pada kegiatan ini seperti data yang menyebutkan bahwa Kaltim pada tahun 2015 menempati urutan ke 3 penyalahgunaan narkoba. Kita berharap dari program sinergi bersama  Kementerian Pertahanan, Pemda dan BNNP, dan masyarakat dapat bergerak bersama-sama  menggiatkan anti narkoba untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa,” ujar Rukman.

Di Kaltim, jelasnya terdapat beberapa hal potensi ancaman, termasuk ancaman terorisme seperti yang terjadi beberapa tahun lalu ada gereja yang diledakan, adanya potensi konflik masyarakat dan tingginya penyalahgunaan narkoba.

“Kementerian Pertahanan membantu Pemerintah Daerah yang telah menyatakan perang terhadap narkona dengan target zero narkoba  yang telah dicanangkan pada tahun lalu. berharap, ke depan angka pengguna narkoba di Kaltim dapat turun agar Kaltim tambah kondusif keamanannya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Samarinda Seberang, Ansarullah menyambut baik kegiatan Kemhan ini sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat, terutama para anggota Karang Taruna yang mengikuti Sosialisasi anti narkoba ini.

“Kami berharap para anggota Karang Taruna yang hadir mampu menyampaikan tentang bahaya narkoba, terutama di keluarganya, dan masyarakat sekitarnya. Kami berharap warga semakin sadar bahwa narkoba dapat merusak masa depan,” tegas Ansarullah.(vb/ya)

LEAVE A REPLY