PLN Pastikan Pasokan Listrik Perhelatan ‘Asian Games’ 2018 Aman, Dapat Tambahan Daya 600 MW

PLN-okJurnalPatroliNews – Jakarta – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku siap mendukung perhelatan Asian Games 2018, khususnya di sektor kelistrikan. Salah satu caranya adalah dengan sinkronisasi Gas Turbine (GT) proyek PLTGU Jawa 2 unit 1 dengan kapasitas 300 MW.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS mengatakan, PLTGU unit 1 ini ditargetkan beroperasi pada tanggal 10 Juni nanti.

Selain dari unit 1, pasokan listrik untuk wilayah Jakarta, termasuk untuk perhelatan Asian Games juga akan didukung dengan pasokan dari PLTGU Jawa 2, unit 2 dengan kapasitas 300 MW yang ditargetkan beroperasi pada 22 Juli.

“Ini sangat penting, dengan tambahan 600 MW sangat membantu kesiapan kita mendukung Asian Games. Sebelum 18 Agus saya harap betul betul handal,” ungkapnya, di PLTGU Jawa 2, Priok, Jakarta, Kamis (10/5).

Jelang Asian Games, PLN pun akan terus melakukan pemantauan terhadap pembangkit-pembangkitnya agar benar-benar siap memasok listrik. “Saya minta lakukan testing dan commisioning, sebelum CoD (beroperasi). Periksa betul sehingga bisa mendukung (Asian Games),” tegas dia.

Untuk diketahui, kebutuhan gas PLTGU Jawa 2 ini disuplai dari Nusantara Regas (NR) dengan pemakaian gas sekitar 72,82 BBTU untuk pengoperasian 1 unit GT (Gas Turbin) pada beban 300 MW.

Proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW dengan jalur transmisi baru sepanjang 46.000 kilometer sirkit .

(Luk)

LEAVE A REPLY